BERBAGI
Ilustrasi siswa. (shutterstock.com)

serat.id- Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs sederajat tahun 2018 berlangsung 23 April 2018-25 April 2018. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tidak membuka posko pengaduan, tetapi mendapatkan empat pengaduan, yaitu dua dari orangtua siswa dan dua dari siswa. Selain itu, KPAI juga mengikuti pemberitaan UNBK SMP sederajat di media sosial dan media massa, baik online, elektronik dan cetak.

Pengadu yang merupakan orangtua menyampaikan kekesalan atas pelaksanaan UNBK SMP/MTs di hari pertama yang mengalami gangguan server pusat sehingga sebagian besar sekolah mengalami keterlambatan memulai UNBK. Laporan yang diterima KPAI pada hari pertama UNBK, satu sekolah swasta di Depok dan satu sekolah di Jakarta memulai sesi pertama pukul 11.00 WIB yang seharusnya dimulai pukul 7.30 WIB. Akibatnya, sesi kedua dan ketiga mundur juga waktunya dan berakhir sore hari.

Dalam laporannya orangtua siswanya menyampaikan protesnya bahwa terkait dampak psikologis anak-anak mereka yang cemas karena kemunduran waktu ujian yang begitu lama. Apa yang dipelajari semalam hilang karena anak stres dan kelelahan, sehingga dikhawatirkan hasil UNBK rendah dan berpotensi terhambat diterima saat mendaftar di sekolah pilihan si anak.

KPAI juga menerima laporan dari seorang peserta UNBK SMP/MTs yang merasa tertekan ketika Mendikbud menyampaikan bahwa soal UNBK SMP juga pada level HOTS, yang dibayangkan para siswa soalnya akan sulit juga sebagaimana kakak kakak SMA yang menyampaikan protesnya melalui media sosial. Anak ini khawatir nilai UNBK rendah jika soalnya sulit, sehingga cita-citanya untuk melanjutkan ke SMK Negeri akan gagal, padahal dia berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin segera bekerja membantu ekonomi keluarganya. Faktanya, soal yang sulit dan tak sesuai kisi-kisi yang diberikan atau dipelajari selama ini.

Demikian rilis disampaikan Retno Listyarti, komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Kamis (26/42018). (ALI).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here