BERBAGI
Persiapan armada bus pengangkut pemudik gratis PT Pelindo III Tanjung Emas Kota Semarang, Senin (11/62018). (Dokumentasi PT Pelindo III Tanjung Emas)

Serat.id– PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menyiapkan 80 bus yang siap mengantar para pemudik dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Tanjung Perak Surabaya ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Ini ketiga kalinya menggelar program Mudik Gratis bagi para penumpang kapal yang turun di PelabuhanTanjung Perak danTanjung Emas,” kata Humas PT Pelindo III (Persero), Cabang Tanjung Emas, Diah Ayu Puspitasari, dalam siaran persnya yang diterima serat.id, Senin (11/6/2018).

Ia menyebutkan Mudik gratis Pelindo III 2018 khususnya bagi penumpang yang turun di

Pelabuhan Tanjung Emas ini akan diantar menggunakan bus ke 7 kota tujuan yaitu Yogyakarta, Rembang, Wonosobo, Purworejo, Solo, Purwodadi danTegal.

Program mudik gratis ini dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 12 Juni 2018. Di hari ke lima pelaksanaan mudik gratis Pelindo III di PelabuhanTanjungEmas, Selasa (5/6), terdapat dua kapal penumpang yang tiba di dermaga PelabuhanTanjung Emas KM Egondan KM Kelimutu.

“Penumpang KM Egonyang berasal dari Kumai pertama kali tiba di Tanjung Emas sekitarpukul 11.00 WIB, Terdapat 617 penumpang KM Egonjurusan Pelabuhan Kumai-Tanjung Emas yang tiba dan langsung disambut para petugas Pelindo,” kata Diah Ayu menjelaskan.

Menurut dia, KM Kelimutu dari Pelabuhan Sampit dengan 630 penumpang dating dua jam berikutnya. “Penumpang kapal yang berasal dari Kumai dan Sampit yang mengikuti program mudik gratis Pelindo III, selanjutnya akan diantar dengan bus Damri ke daerahnya

“Ini tujuannya untuk mengurangi kemacetan sekaligus meningkatkan kenyamanan penumpang,” katanya.

CEOPelindo III Regional Jawa Tengah, Ardhy Wahyu Basuki, menjelaskan untuk penumpang mudik gratis KM Egonsejumlah 259 penumpang sedangkan untuk KM Kelimutusejumlah 327 penumpang. “Total jumlah penumpang yang mengikuti mudik gratis mencapai 5.746 penumpang,” ujar Ardhyi.

Ia menjelaskan, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mendapat kuota 30 persen dari total 14 ribu penumpang kapal yang mendapat layanan mudik gratis di seluruh Indonesia.

“Jumlah ini meningkatdi bandingtahun lalu sebanyak 2.500 menjadi 4500,” katanya.

Ia menjamin para penumpang mudik gratis Pelindo III tidak dipungut uang sepeser pun untuk bias pulang ke kampong halaman. Bahkan, Pelindo III akan mengantar para pemudik secara cuma-Cuma sampai ke kampong halaman begitu mereka tiba di PelabuhanTanjung Emas.

Begitu mereka turun dari kapal, mereka langsung bergerak ke bus sesuai tujuan masing-masing di area parker pelabuhan. “Sebenarnya kami sudah melakukan mudik gratis ini dari tanggal 1 kemarin. Kita perkirakan puncak arus mudik di Tanjung Emas pada H-2 dan H-1 IdulFitri,”  kata Ardhy menjelaskan. (EDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here