BERBAGI
KPU
Website KPU tak lagi menampilkan hitung cepat.

Serat.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat tak lagi menampilkan hasil real count pada websitenya. Hal itu diduga terkait peretasan.

Situs tersebut diakses pada Selasa, 3 Juli 2018, menonaktifkan layanan informasi hitung cepat versi KPU. Peretasan diduga terjadi pada Minggu, 1 Juli 2018, sehingga pada hari berikutnya situs tersebut tak dapat menampilkan hasil hitung cepat.

Komisioner KPU Jawa Tengah, Hakim Junaidi mengungkapkan, persoalan pada portal resmi KPU Pusat tidak membuatnya terkendala dalam proses perhitungan suara yang masuk dalam Pilgun Jawa Tengah 2018.

Dia meminta kepada masyarakat agar tidak panik dan berspekulasi terhadap kemungkinan-kemungkinan seperti perubahan jumlah suara yang telah diproses dalam hitung manual.

Pihaknya memperoleh data terakhir suara yang masuk dalam hitung cepat itu pada Sabtu, 30 Juli 2018. Jumlah suara yang masuk sebesar 99,22 persen.

“Data itu berdasarkan real count KPU. Dengan alokasi suara paslon Ganjar-Yasin sebesar 58,80 persen sementara paslon Sudirman-Ida berada di angka 48,20 persen,” ujar Hakim, ditemui Serat, di kantor KPU Jawa Tengah, Jalan Veteran, Semarang, Senin (2/7).

Sebelumnya, koneksi pada server untuk proses real count pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah temui kendala. Setelah permasalahan jaringan internet yang berdampak pada lambannya proses rekap suara dari kabupaten-kota ke tingkat provinsi, kini portal resmi website KPU tengah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Sejak 1 Juli lalu masyarakat tidak bisa melihat hasil polling suara Pilkada 2018 serentak dan digegerkan dengan adanya peretasan pada portal penyelenggara pemilu tersebut,” imbuh Hakim. (NIN)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here