BERBAGI
Dugaan Plagiat Rektor Unnes
Ilustrasi Dugaan Plagiat Rektor Unnes

Serat.id- Edisi investigasi dugaan plagiat Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman yang diturunkan Serat pada 30 Juli 2018, dinilai Pakar Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang, Triyono Lukmantoro, bukan tergolong hoaks atau berita bohong.

Triyono menilai respon dari Unnes yang melabeli reportase itu sebagai hoaks, terlebih ditampilkan di media sosial, sama sekali tidak tepat. “Bahkan sangat tidak etis. Seharusnya Unnes memberikan respon yang baik. Misalnya, memberikan klarifikasi tentang kasus itu. Berarti dengan begitu, Unnes dan humasnya tidak paham prosedur jurnalisme. Saya sangat menyayangkan hal itu,” kata dia kepada Serat, Jumat, 6 Juli 2018.

Menurut Triyono tidak selayaknya secara akademis kerja jurnalisme yang serius hanya direspon secara emosional dengan label yang merendahkan.

“Liputan Serat sama sekali bukan hoaks. Faktanya ada. Kejadiannya juga jelas. Saksi dan pelaku juga sangat menyolok mata,” ujar dia.

Hoaks, kata dia, hanya layak ditudingkan jika tidak ada fakta sama sekali. Dia menilai, justru Unnes yang seharusnya lebih profesional menanggapi kasus ini secara dewasa, bijak dan profesional.

“Dari sisi kelayakan untuk dijadikan berita, tentu saja, kasus ini lebih dari cukup untuk diliput. Tentu saja, kasus ini berkaitan dengan hak publik untuk tahu,” ungkap dia.

Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman melalui akun media sosial Instagram dan Facebook memajang infografis milik Serat dengan label hoaks pada akun miliknya.

Meski menuding laporan investigasi serat sebagai hoaks, namun Kepala UPT Humas Unnes, Hendi Pratama, kepada wartawan pada Senin, 2 Juli 2018 menyatakan penyelidikan dugaan plagiat yang menimpa Rektornya perlu proses panjang.

“Hal ini perlu probabilitas sangat tinggi, perlu tim khusus penyeilidikan resmi dan ini bisa lama penyelidikannya,” kata Hendi Pratama.

Ia berjanji akan menyampaikan ke publik hasil temuan yang dilakukan tim penyelidik di kampusnya. “Kami menjanjikan apa jadi permasalahan ini, akan kami sampaikan ke rekan media,” katanya. (ALI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here