BERBAGI
Masyarakat berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk LBH Pers saat Car Free Day di Simpang Lima, Kota Semarang (Foto: Aninda Putri)
Masyarakat berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk LBH Pers saat Car Free Day di Simpang Lima, Kota Semarang (Foto: Aninda Putri)

Serat.id-Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Semarang menggalang donasi untuk LBH Pers dengan cara “Ngamen Kartun” di Car Free Day (CFD), Simpang Lima, Minggu pagi (8/7). Penggalangan dana ini berkaitan dengan krisis keuangan yang sedang terjadi pada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Semarang, Edi Faisol menjelaskan, LBH Pers merupakan lembaga non pemerintah memiliki mandat sebagai organisasi independen yang berfokus untuk mewujudkan masyarakat sipil yang demokratis melalui upaya bantuan hukum dan advokasi terhadap kebebasan pers dan kebebasan berekspresi di Indonesia.

“AJI Semarang merasa ikut prihatin dengan kondisi LBH Pers yang krisis keungan. Mau jadi apa jika lembaga itu bubar? Karena selama ini LBH Pers Jakarta advokasi kerja dan sengketa jurnalistik bagi wartawan,” jelas Edi, di Semarang.

Kegiatan donasi dari AJI Semarang dilakukan dengan cara “Ngamen Kartun”. Rencananya, kegiatan ini akan dilakukan hingga bulan Agustus, setiap hari Minggu saat CFD di Simpang Lima, Kota Semarang.

“Kami bikin gerakan donasi dengan ngamen kartun yang dilakukan oleh salah satu kartunis AJI Semarang, dan telah populer di kompetisi internasional,” imbuh Edi.

Edi berharap, kegiatan ngamen kartun ini mampu memberi kontribusi sumbangan dari publik untuk LBH Pers.

“Masyarakat bisa membantu tak hanya saat CFD, tapi juga bisa mengirim foto mereka ke sekretariat AJI Semarang untuk dilukis lalu dikirim balik. Dana yang terkumpul nantinya, akan disumbangkan ke rekening panitia donasi di Jakarta,” ujar Edi.

Bagi masyarakat yang ingin turut berdonasi, dapat mengirimkan foto ke Sekretariat AJI Semarang, Jalan Nakula II No. 5, Pendrikan Kidul, Kota Semarang. (NIN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here