BERBAGI
Nelayan asal Jepara yang selamat setelah tiga hari di laut lepas ditemui petugas Basarnas Pos SAR Jepara, Minggu, 8 Juli 2018. (Dokumentasi Basarnas Pos SAR Jepara)

Serat.id- Tiga nelayan yang hilang di perairan Ujungwatu, Jepara ditemukan dalam keadaan selamat setelah terombang-ambing di laut lepas selama tiga hari. Mereka ditemukan di sekitar perairan Kendal.

Ketiganya Mulyono (45) warga  Metawar RT 06/01 Desa Ujungwatu, Purwanto (40) warga Metawar RT01/01 Desa Ujungwatu dan Karnadi (58) warga Desa Banyumanis. Tiga nelayan itu, dari Kecamatan Donorejo, Jepara.

Koordinator Basarnas Pos SAR Jepara, Whisnu Yugo Utamo mengatakan, ketiganya semula melaut pada Rabu 4 Juli 2018 sekitar pukul 15.00. Mereka mencari ikan bersamaan dengan  nelayan lainya. Beberapa nelayan berangkat menuju ke arah barat, namun satu kapal sopek yang ditumpangi ketiga nelayan itu mengarah ke timur menuju Pantai Mandalika, Jepara.

Baca juga: Tiga Nelayan Hilang di Perairan Ujungwatu Jepara

“Sabtu 7 Juli 2018 sekitar pukul 17.00, kapal korban ditolong oleh kapal cantrang di perairan Kendal lalu ditarik menuju perairan Jepara sekitar pukul 23.00. Lalu, ditarik kapal lain sampai di Pantai Pailus, Jepara, Minggu 8 Juli pukul 03.00,” kata Whisnu, Minggu, 8 Juli 2018, kepada Serat.

Menurut Whisnu, awak kapal yang ditemukan selamat menceritakan, setelah selesai melaut dan akan pulang ternyata mesin rusak lalu mati. Nelayan itu sudah berusaha membuang sauh di karang yang ada di sekitarnya. Namun, gelombang laut yang kuat membuat kapal tetap terseret dan terombang-ambing sampai di perairan Kendal.

“Dengan ditemukannya tiga nelayan itu, operasi pencarian dinyatakan ditutup,” ujar Whisnu. (ALI).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here