BERBAGI
Salah satu karya seni dari Angga Aditya (Foto: Ulil A.)
Salah satu karya seni dari Angga Aditya (Foto: Ulil A.)

Serat.id-Dua mahasiswa Seni Rupa Universitas Negeri Semarang (Unnes), Angga Aditya dan Dedy Setyawan memamerkan karya mereka di Gedung Oudetrap, Kawasan Kota Lama Semarang. Pameran yang diselenggarakan sejak Jumat 13 Juli 2018 hingga Minggu 15 Juli 2018 ini, merupakan persyaratan untuk menyelesaikan program studi strata satu.

Dalam pameran ini, Angga dan Dedy meyajikan konsep yang berbeda. Angga Aditya menjelaskan, kali ini ia mengusung tema Sirtoe Exhibition untuk karya seni rupa dan lukisannya. Ide dari karya realis itu berlandaskan aktivitas penambangan pasir dan batu di lereng Gunung Muria.

“Saya ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang nilai-nilai humanistik, nilai kemanusiaan,” kata Angga saat pembukaan pameran, kepada serat.id.

Untuk menghasilkan karyanya, Angga membutuhkan persiapan sekitar 1,5 tahun. Sedangkan Dedy, ia menyampaikan jika karya beraliran ekspresionisnya dibuat selama 5 bulan. Di kegiatan itu, Dedy memamerkan sebuah motor dan sepeda yang dilukis dengan pewarnaan.

“Saya berkonsep tentang diri saya sendiri, rasa saya sendiri, pada sebuah kertas atau plastik,” ujar Dedy saat pembukaan pameran, kepada serat.id.

Salah seorang pengunjung, Abdul Salam mengaku tertarik dengan lukisan dan patung garapan Angga. Sebab, karya itu benar-benar membuat dirinya seperti melihat penambang pasir secara nyata.

“Mengapresiasi banget, seni ini bagus bangetlah,” ungkap Abdul kepada serat.id.

Pada hari pertama pameran tercatat, lebih dari 200 pengunjung hadir dalam pameran tersebut. Selain pameran, kegiatan yang tidak dipungut biaya ini juga menampilkan hiburan musik. Tak hanya itu, pengunjung yang beruntungpun juga bisa mendapat makanan ringan serta kaos secara cuma-cuma. (LIL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here