BERBAGI
Peresmian gerai Multi Ekspres oleh Muhammadiyah Jateng dan Asperindo. (dok Asperindo)

Serat.id– Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah merintis usaha bisnis jasa pengiriman melalui perushaan Multi Ekspres.  Lembaga yang dikenal sebagai Ormas tertua di Indonesia itu menggandeng Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) yang dinilai lebih berpengalaman di bidang bisnis pengiriman.

“Gerai Bersama merupakan bagian dari jihad persyarikatan di bidang ekonomi untuk menyejahterakan umat,” kata Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng, Tafsir, belum lama ini.

Tafsir mengakui bisnis jasa pengiriman merupakan hal baru bagi Muhammadiyah, namun Muhammadiyah melihat peluang bisnis perlogistikan saat ini yang kian bertumbuh dari tahun ke tahun, seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang berimbas pada maraknya e-commerce.

“Ini sesuai sikap Muhammadiyah yang memasuki abad ke-2 bakal memfokuskan pemberdayaan ekonomi secara luas, salah satunya dengan bekerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman dan logistik,” kata Tafsir menambahkan.

Ia menyebutkan gerai pendirian bisnis pengiriman logistik dari jihad persyarikatan di bidang ekonomi untuk menyejahterakan umat. Kehadiran gerai Bersama Multi Ekspres sebagai sarana latihan kerja bagi anak-anak panti asuhan ke arah kemandirian.

“Saat ini, panti tidak hanya mengandalkan bantuan dari masyarakat luas. Namun, harus menjadi panti mandiri. Ini juga mendidik anak panti asuhan menjadi saudagar baru,” kata Tafsir menjelaskan.

Kehadiran bisnis baru itu juga sama dengan kelahiran Muhammadiyah yang dulu awalnya banyak diisi oleh para saudagar.

Ketua Umum DPP ASPERINDO M. Feriadi mengatakan teknologi yang berkembang pesat saat ini banyak merubah perilaku masyarakat. Hal ini tentunya memberikan kesempatan atau peluang bagi siapapun untuk berusaha mengembangkan bisnis.

“Kami berterimakasih kepada Muhammadiyah Jawa Tengah, karena bisa mengembangkan jaringan dengan gerai bersama Multi Ekspres,” ujar Faeriadi.

Menurut dia  gerai bersama Multi Ekspres sudah dibuka di Jakarta dengan perkembangan yang cukup baik. Melalui jaringan yang dimiliki oleh Muhammadiyah, tentu ini menjadi mitra strategis ASPERINDO. (EDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here