BERBAGI

Tips menghindari penyakit mematikan yang sebabkan bakteri Corynebacterium diphtheriae.

Serat.id- Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Semarang, Mada Gautama, menyebutkan difteri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae

“Bakteri itu akan menyerang di tenggorokan dan itu nanti akan terbentuk sel, lapisan putih, semacam itu dan menyebabkan kematian apabila dia mengalami gejala sesak nafas,” ujar Mada Gautama, kepada serat.id, 25 Juli 2018.

Baca juga: Petaka Yang Selalu Terulang

Infografis Difteri dan Cara Pencegahannya
Infografis Difteri dan Cara Pencegahannya

Menurut Mada, bakteri tersebut dapat menyebar lewat udara dan akan terlihat seperti gejala sakit batuk dan flu. Ia menjelaskan bakteri Corynebacterium diphtheriae terdapat di setiap tempat, namun ia akan menyerang daya tahan tubuh seseorang yang lemah yang tidak terkena imunisasi.

“Setiap bakteri di suatu daerah pasti ada, cuman yang menjadi permasalahan adalah daya tubuh seseorang itu,” ujar mada menjelaskan.

Mada menyarankan penanganan terhadap difteri dapat dilakukan jika anak-anak di Semarang melakukan imunisasi.

Baca juga: Bocah Rajin dan Disiplin Itu Telah Pergi

Dokter spesialis anak RSUP Dr Kariadi, Hapsari, menjelaskan anak usia dini wajib diimunisasi agar terhindar dari virus dan bakteri.

“Wajib hukumnya untuk anak usia dini lakukan vaksin agar tidak rentan terserang virus dan bakteri, supaya nantinya kasus anak meninggal karena difteri tidak ada lagi,” katanya.  (*)

Tim Indepth KLB Difteri Semarang

Penyumbang bahan Belajar Bersama Serat.id I, Muhammad Shofi Tamam (Unwahas), Ulil Albab Al Shidqi (Undip), Anindiya Putri (reporter). Editor Edi Faisol. Koordinator Liputan A. Arif. Penanggungjawab Zakki Amali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here