BERBAGI
Navicula saat tampil dalam Road to Soundrenaline 2018 bertajuk Siasat Calling on Tour: The Soul of Expression, di Atlas Anco, Banyumanik, Kota Semarang, Kamis, 2 Agustus 2018. (Foto Anindya Putri)

Serat.id- Grup band indie, Navicula menyuntikkan semangat kepada aktivis lingkungan asal Sukoharjo yang kini bersiap menghadapi sidang putusan di PN Semarang atas kasus dengan PT Rayon Utama Makmur (RUM) pada Selasa, 7 Agustus mendatang.

Vokalis Navicula, Gede Robi menunjukkan dukungan itu lewat lagu ‘Mafia Hukum’. Liriknya menohok, ‘Pengusaha-pengusaha kongsi dengan penguasa/walau sudah kaya masih kurang juga/hukum direkayasa hanya buat yang kaya/yang jadi korbannya rakyat jelata’.

Baca juga: Ini Pledoi Pejuang Lingkunga Tergugat PT RUM

“Kriminalisasi terhadap aktivis lingkungan biasanya ada kongsi pengusaha dengan penguasa,” tutur pria berambut gondrong itu sebelum tampil di Atlas Anco, Banyumanik, Kota Semarang, Kamis, 2 Agustus 2018.

Sebagai aktivis, yakni orang yang mendukung tindakan atau aktivitas memperjuangkan lingkungan hidup yang layak, dia beranggapan orang-orang yang dikriminalisasi karena memperjuangkan hak tidaklah sendirian.

“Adalah sebuah kewajaran jika seseorang menginginkan lingkungan hidup yang sehat dan layak untuk diri sendiri dan masa depan,” kata dia dalam gelaran Road to Soundrenaline 2018 bertajuk Siasat Calling on Tour: The Soul of Expression.

Baca juga: Gugatan PT RUM terhadap Aktivis Tak Jelas

Alasan Robi mendukung aktivis itu berdasar Pasal 66 UU 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yakni setiap orang yang memperjuangkan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat tidak dapat dituntut secara pidana maupun digugat secara perdata.

“Hal itu menunjukkan bahwa seharusnya para pejuang lingkungan ini mendapatkan dukungan, bukan malah dikriminalisasi seperti ini,” kata Robi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here