BERBAGI
Petugas memotong daging hewan kurban di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Rabu, 22 Agustus 2018. (Foto: Anindya Putri)

Serat.id- Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) membagikan daging kurban 6.000 kantong kepada masyarakat.

“Pembagian daging dilakukan melalui perwakilan juga dengan menggunakan kupon. Tidak semua orang penerima dihadirkan di sini. Kita ambil perwakilan saja,” Ujar Ketua Panitia Kurban MAJT,  Sarjuli kepada serat.id, Rabu, 22 Agustus 2018.

Ia melanjutkan dengan membagikan hewan kurban dengan cara mengambil 30 orang pada setiap RW di Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsar, Kota Semarang dan mewakilkan kepada orang yang telah ditunjuk sebagai perwakilan. Cara itu menghindari desak-desakan saat pembagian.

“Kalau yang datang perwakilan, prosesnya jadi gak ribet daripada setiap orang yang dikasih datang ke sini kemudian terjadi desak-desakan. Keamanannya jadi susah,” jelasnya.

Idul Adha 2018, MAJT menyembelih sebanyak 33 hewan kurban yang terdiri atas 13 sapi dan 20 ekor kambing. Pada tahun lalu, jumlah sapi sembilan ekor dan kambing belasan ekor.

Salah sapi kurban berasal dari Presiden Jokowi yang berbobot 1 ton. Pejabat di Jateng juga berkurban di MAJT seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng, Irjen Condro Kirono, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Pangdam Diponegoro. Warga negara asing (WNA) dari Singapura dan Jermah juga ikut berkurban di MAJT.

Selama proses penyembelihan pihaknya juga melibatkan tukang jagal dari Rumah Potong Hewan (RPH) dan juga dinas terkait untuk mengawasi selama proses penyembelihan.

“Agar mendapatkan hewan kurban yang sehat dan aman kita ajak RPH dan dinas terkait seperti peternakan selama proses penyembelihan,” ujar Sarjuli. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here