BERBAGI
Pazaarseni #5
Pazaarseni #5

Serat.id-Pazaarseni 2018 yang digelar oleh Dewan Kesenian Semarang (Dekase) pada 31 Agustus hingga 2 September 2018 bakal menampilkan sejumlah agenda seru yang berkaitan dengan kesenian.  Agenda tahunan itu sengaja digelar dengan konsep memfasilitasi para pelaku seni, terutama perupa dengan masyarakat sebagai penikmat seni.

“Pada pelaksanaan tahun ini, Dekase juga menggandeng beberapa komunitas di bidang seni budaya,” ujar Panitia Pazaarseni  2018, Adhitia Armitrianto, kepada serat.id, Selasa, 28 Agustus 2018.

Adhitya menyebutkan, yang menarik dari sejumlah komunitas yang hadir itu  lahir dan berkembang di banyak tempat dan rata-rata diprakarsai oleh generasi muda. “Mereka juga melahirkan banyak karya dalam berbagai genre. Maka sebenarnya tak salah bila menyebut iklim berkesenian di Kota Semarang terus berkembang,” ujar Adhitia menjelaskan.

Hadirnya para seniman muda itu dinilai mampu membungkam sebutan Kota Semarang yang selama ini disebut sebagai “kuburan seni.”  Karena pegiat seni ibu kota provinsi Jateng itu semakin kreatif danterus bergerak.

Tercatat Pazaarseni 2018 menampilkan kegiatan Beberapa komunitas yang akan terlibat antara lain SKAK, Serupa, GurART, Kelas Wolu, Indonesia 87 Scale, Tosan Aji, dan lainnya. Sementara yang akan hadir pula stan-stan yang memproduksi karya seniman dalam bentuk selain lukisan. “Mereka antara lain SRG, Ensoi, Semoga Berkah, Irwan, dan lainnya,” katanya.

Daftar Peserta Bursa Lukisan

1 H Agus Salim

2 Antock Adi Krisdianto

3 A Basori

4 Darma Lungit

5 Totok Nuryanto

6 Totok Setiabudi

7 W Sanjaya

8 Yoyok Isroj

9 Yeyen

10 Muksin

11 Harry Titut

12 Sri Paminto Widi Legowo

13 Hendriyanto

14 Setio Utomo Harjosudiro

15 Heriwanto

16 Atie Krisna

17 Suprapto

18 S Hartono

19 Nur Rochim

20 Yoyok Barokallah

Selain mereka, juga akan ikut dipajang beberapa lukisan karya mendiang perupa yang kreativitasnya pernah mewarnai perjalanan seni rupa di Kota Semarang. Beberapa diantaranya yakni Kok Poo, Deni Supadmo, Maman Suparman, Kelana, serta Toni S, dan lainnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here