BERBAGI
Mahasiswa internasional beasiswa program Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dan Darmasiswa tahun 2018.

Serat.id – Universitas Diponegoro secara resmi menyambut kedatangan para mahasiswa internasional beasiswa program Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dan Darmasiswa tahun 2018. Kampus di tembalang kota semarang itu resmi menerima mahasiswa internasional sebagai peserta program Beasiswa KNB, masing-masing berasal dari Thailand, Tanzania, Sierra Leone, Burundi , Cina, Belanda, Polandia, Rusia, Korea Selatan, serta Vietnam.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa peserta program KNB  2018 dan program Darmasiswa 2018,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Muhammad  Zainuri, DEA dalam sambutannya.

Zainuri mengharapkan mahasiswa tamu itu bisa memaksimalkan kesempatan dan waktu selama belajar di Indonesia, khususnya di Universitas Diponegoro. Menurut dia, mahasiswa peserta program Beasiswa dan kemitraan diberi hak untuk mengikuti segala aktivitas mahasiswa di Undip dan memiliki hak yang setara dengan mahasiswa pada umumnya.

“Seperti misalnya berpartisipasi dalam kegiatan setingkat Fakultas maupun Universitas yang diminati,” kata Zainui menambahkan.

Mereka diharapkan mampu beradaptasi dengan budaya Indonesia, baik makanan, kebiasaan dan masih banyak hal lainnya. Apa lagi Undip dari waktu ke waktu semakin banyak membangun kerja sama dengan pihak Universitas yang berada di luar negeri seperti; Perancis, Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Malaysia, beberapa negara di Afrika, serta negara lain.

Tercatat  Rektor UNDIP sedang menjalankan tugas untuk proses kerjasama dengan pihak Universitas di Rusia. Hal ini akan semakin banyak lagi kerjasama yang bisa dijalin antara Universitas Diponegoro dengan Universitas luar Negeri lainnya.

Program KNB merupakan program beasiswa pemerintah yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari negara – negara berkembang untuk menempuh pendidikan S2 di Indonesia selama 3 tahun. Sedangkan Darmasiswa sebagai program beasiswa pemerintah yang diperuntukkan mahasiswa internasional untuk belajar Bahasa Indonesia di Indonesia selama 1 tahun.

Kepala Kantor Hubungan Intenasional Universitas Diponegoro Dr. Ir. Ita Widowati, DEA menyatakan para mahasiswa peserta program KNB dan Darmasiswa antara lain Afnanee Panae dari Thailand, praygod, Mganga dari Tanzania, Shaka Kargbo dari Sierra Leone, Silas Hamenyimana dari Burundi, Heesam Dorni dari Thailand.

“Sedangkan mahasiswa peserta program Darmasiswa Lu Tian dari Cina, Stanley Chris Voorsmit dari Belanda, Marta Fafrowicz dari Polandia,” kata Ita.

Selain itu ada Islam Mishiev dari Rusia, Hyun Seung Lee dari Korea Selatan, Huynh Thi Thuy Duyen dari Vietnam,Truong Thi Thuy dari Vietnam, Nguyen Thi Tu Trinh dari Vietnam. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here