BERBAGI
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Diponegoro. (Ulfa Mawaddah )

Serat.id, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Diponegoro Semarang kembali meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Raihan akreditasi itu tercantum dalam surat badan akreditasi nasional perguruan tinggi nomor  2415/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2018 yang diterima Undip pada Selasa, awal bulan September lalu.

“Ini bukti jika Undip kembali menunjukkan mutu pendidikan lewat akreditasinya, khususnya departemen ilmu komunikasi,” kata Dekan FISIP Undip, Sunarto, belum lama ini.

Sunarto menyebutkan akreditasi kategori A merupakan nilai unggul terhadap pertanggungjawaban kepada masyarakat. Sedangkan akreditasi sebagai mekanisme kontrol dari BAN-PT mengawasi kualitas dari proses belajar mengajar dari pelayanan yang diberikan oleh perguruan tinggi se-Indonesia.

“Jadi kalau perguruan tinggi atau prodi mendapatkan nilai A, itu artinya layanan yang diberikan terkait dengan kegiatan belajar mengajar, kategorinya prima atau bagus,” kata Sunarto, menjelaskan.

Menurut dia, Undip sebagai perguruan tinggi neeri berbadan hukum juga punya target 80 persen prodinya itu harus bernilai A. Target itu untuk memenuhi kontribusi Undip dalam rangka capaian PTNBH secara optimalkan.

Meski Sunarto tidak menyangkal, meski mendapat akreditasi A  masih ada standarisasi pelayanan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang belum teroptimalkan. Di antaranya kulian online yang menjadi salah satu di indikator pemanfaatan teknologi untuk KBM.

“Selama ini jujur saja memang kita belum secara formal memanfaatkan ini,” katanya.

Berdasarkan Buku V Pedoman Penilaian Akreditasi Program Studi Sarjana BAN-PT Tahun 2008, ada tujuh standar dan elemen penilaian akreditasi yang harus dilalui program studi sarjana oleh Fakultas atau Sekolah Tinggi. Di antaranya visi, misi, tujuan dan sasaran, sertastrategi pencapaiannya, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu lulusan, kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik.

Termasuk  pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi serta penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi Undip angkatan 2015, Rani, mengaku akreditasi yang diterima itu sesuai kualitas KBM prodinya yang sudah sepadan dengan akreditasi yang dicapai.

“Menurut saya sudah bagus. Mahasiswanya juga banyak yang berprestasi, dosen-dosen pengajarnya juga mumpuni dan menguasai di bidangnya,” ujar Rani.  (*)  ULFA MAWADDAH AFRILIANI  (UKJ AJI Semarang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here