BERBAGI
Majelis Hati Kota Semarang menggelar kegiatan ruqyah gratis di masjid sebuah hotel di Semarang, Rabu 19 September 2018.
Majelis Hati Kota Semarang menggelar kegiatan ruqyah gratis di masjid sebuah hotel di Semarang, Rabu 19 September 2018.

Serat.id- Majelis Hati Kota Semarang menggelar kegiatan ruqyah gratis di masjid sebuah hotel di Semarang, Rabu 19 September 2018. Kegiatan yang mengusung tema “Sihir dan Pengobatannya” itu dihadiri oleh Ustaz Abu Iqbal dari Rowosari Tembalang. Peserta yang hadir dalam acara itu lebih dominan perempuan.

Ustaz Abu Iqbal menyampaikan materi tentang jenis-jenis sihir secara santai dan penuh candaan. Ruqyah dilakukan di sela-sela penyampaian materi tersebut. Ia juga menyampaikan materi tentang bagaimana cara untuk menangkal sihir.

Menurut Ustaz Abu Iqbal, ruqyah merupakan sebuah doa dan semua orang bisa melakukannya. Menurutnya, setiap orang dapat meruqyah dirinya sendiri.

“Karena setiap orang kan pasti ada penyakit dhohir maupun penyakit batin. Jadi ruqyah tidak hanya penyakit gangguan jin saja, penyakit medis pun bisa diruqyah, dan bisa sembuh atas izin Allah,” kata Ustaz Abu Iqbal saat dijumpai setelah acara ruqyah massal.

Ustaz Abu Iqbal menyebutkan ciri-ciri orang yang perlu diruqyah. Diantaranya, susah tidur, orang yang selalu mengantuk meskipun waktu tidurnya sudah mencukupi, diselimuti rasa gelisah, waswas, makan banyak namun merasa tidak kenyang, pemarah, minder, sering mengurung diri di kamar, malas beribadah, kalau dengar bacaan Al-Quran tidak nyaman dan ketika menghadiri acara majelis taklim selalu mengantuk.

Ustaz Abu Iqbal juga memberikan arahan bagi yang ingin meruqyah diri sendiri. Pertama, mencari akar permasalahan atau diagnosa. Penyakit apa yang menjangkiti. Kedua, membersihkan hati.

“Kebanyakan orang yang sakit itu karena berawal dari hatinya yang sakit,” kata Ustaz Abu Iqbal.

Setelah itu, lanjut dia, menasehati diri sendiri. Orang yang ingin sembuh harus selalu menjaga salat, menjaga Quran, serta menjaga dzikir. Selanjutnya perbaiki diri dengan lebih taat kepada Allah. Tidak langsung ke tahap ruqyah.

Menurut Ustaz Abu Iqbal, ke depan, kegiatan ruqyah gratis tak hanya dilaksanakan di hotel. Rencananya akan dilaksanakan di berbagai tempat seperti ruqyah goes to school dan go to campus.(*)

Penulis: Hapsari Putri Utami, Peserta UKJ Undip

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here