BERBAGI
Perwakilan Komnas HAM berdialog dengan warga Kampung Tambakreko, Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Sealasa, 22 Oktober 2018. (Foto Ulil/Serat.id)

Serat.id- Perwakilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengunjungi warga Kampung Tambakrejo, Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarnag, Selasa, 23 Oktober 2018.

Sholehah, salah perwakilan Komnas HAM menyampaikan kedatangannya untuk melakukan pramediasi sebelum nantinya akan dilakukan mediasi terhadap Pemkot Semarang.

“Karena ada pengaduan dari LBH Semarang di kasus normalisasi Banjir Kanal Timur, kami langsung datangi untuk menerima kira-kira apa yang diharapkan masyarakat dan bagaimana perkembangan saat ini,” ujar Sholehah.

Rohmadi, warga Tambakrejo mengapresiasi kehadiran Komnas HA. Ia mengatakan bahwa warga Tambakrejo saat ini hanya diberi ganti rugi Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berupa tinggal di Kali Banger selama dua tahun dan uang sebesar Rp 500 ribu per keluarga.

“Kami dengan sukarela pindah ke Kali Banger dengan catatan minimal diberi sangu Rp 2 juta per KK. Terus di situ kami ingin menjadikan yang kami tempati secara legal formal, sehingga bisa bertempat tinggal disitu selamanya,” ujar Rahmadi.

Sholehah mengatakan laporan terkait pengaduan warga nantinya akan diserahkan kepada Komisioner Komnas HAM dan nantinya dikeluarkan rekomendasi terhadap kedua belah pihak. Ia menyampaikan Komnas HAM berencana pada Rabu, 24 Oktober 2018 akan melakukan pramediasi menemui Pemkot Semarang.

“Komnas HAM hanya menjalankan sebagai mediator, semuanya juga tergantung para pihak, dari pihak pemerintah kota dan dari pihak warga seperti apa,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here