BERBAGI

Serat.id- Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Jawa Tengah yang tergabung dalam Tim NU Peduli ikut ambil bagian dalam assesment rehabilitasi bencana di Sulawesi Tengah.Tim yang dipimpin langsung oleh Rois Syuriah PWNU Jateng KH Ubaidillah Shodaqoh itu meninjau lokasi bencana selama 3 hari.

LPBI NU Jateng

Tim LPBI NU Jateng saat meninjau lokasi bencana di Sulawesi Tengah. (dok. LPBI NU Jateng)

Ketua LPBI NU Jateng Winarti dan ketua PW Lazis NU Jateng Muhammad Mahsun juga masuk dalam tim itu.

“Assessment ini dilakukan untuk memastikan jenis bantuan benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat terdampak bencana. Sehingga memiliki manfaat yang benar-benar dirasakan,” kata ketua LPBI NU Jateng Winarti dalam keterangan persnya, Jumat 7 Desember 2018.

Dia mengatakan, assessment meliputi kondisi fisik, sosial, sekaligus stakeholder lokal yang potensial menjadi mitra dalam implementasi bantuan. Harapannya, masyarakat terdampak dapat terlibat dalam proses rehabilitasi bencana.

Winarti mengatakan LPBI NU akan terus mengembangkan mekanisme pengelolaan bencana yang lebih cepat dan komprehensif. Upaya itu melibatkan seluruh sumber daya yang dimiliki NU di Jateng.

Ia menambahkan, selain terlibat penanganan bencana, LPBI NU Jateng juga merancang program pengurangan risiko bencana dan pelestarian lingkungan.

“Tentunya beberapa hal harus kita kuatkan, semisal peningkatan kemampuan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan risiko bencana yang terintegrasi dengan perubahan iklim dan lingkungan,” jelasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here