BERBAGI

Serat.id– Anak-anak tampak asyik mengecat kaleng-kaleng bekas di Taman Sampangan, Semarang Minggu, 16 Desember 2018. Mereka didampingi orangtua dan pegiat Kolektif Taman Belajar Sobat Kecil menyulap barang-barang bekas itu menjadi berarti.

Anak-anak mengikuti kegiatan melukis kaleng bekas bersama Kolektif Taman Belajar Sobat Kecil di Taman Sampangan, Minggu, 16 Desember 2018.

“Kita coba manfaatkan barang bekas yang ada agar mengurangi sampah dan memiliki nilai seni,” ujar pegiat Kolektif Taman Belajar Sobat Kecil, Pijar Arif di sela-sela kegiatan melukis.

Kolektif Taman Belajar Sobat kecil merupakan kumpulan dari anak-anak muda dari berbagai kota. Mereka tergerak untuk peduli terhadap lingkungan. Mengajak anak kecil mengekspresikan diri memanfaatkan kaleng bekas sebagai media berkesenian.

Kegiatan tersebut digelar setiap dua Minggu sekali. Tempatnya berpindah-pindah dari taman Kota hingga di pinggiran sungai atau sawah.

“Anak-anak yang ikut pun biasanya dari warga sekitar,” katanya.

Tak hanya melukis, komunitas ini juga membagikan tanaman secara cuma-cuma kepada anak-anak yang ikut serta dalam kegiatan.

“Kita ajarkan pada anak-anak untuk mencintai lingkungan lewat hal kecil yakni merawat tanaman,” kata pria berambut gondrong itu.

Dewi Ernawati, salah satu orangtua anak sangat mendukung kegiatan Kolektif Taman Belajar Sobat Kecil. Menurutnya kegiatan itu bisa menumbuhkan kreativitas anak serta mengenalkan kepedulian terhadap lingkungan.

“Anak-anak jadi lebih ekspresif dan Kreatif, belum lagi dengan mengajak mereka lebih mencintai lingkungan dengan merawat tanaman,” katanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here