BERBAGI

Serat.id– PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Pelabuhan Tanjung Emas Semarang kembali menyalurkan dana pinjaman kepada calon binaan mitra Pelindo III, Rabu, 19 Desember 2018. Dana yang disalurkan pada tahap kedua tahun 2018 ini senilai Rp 1,7 miliar.

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Pelabuhan Tanjung Emas Semarang kembali menyalurkan dana pinjaman kepada calon binaan mitra Pelindo III, Rabu, 19 Desember 2018. (istimewa)

Penyaluran dana pinjaman itu berlangsung di Operation Room. Ada sebanyak 31 calon mitra binaan tahap II yang turut hadir. Camat Semarang Utara, Kejaksaan Negeri Semarang, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) , Bank BRI Kanwil Semarang, CEO Pelindo III Regional Jawa Tengah dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah serta pimpinan Bank BRI juga hadir.

CEO Pelindo III Regional Jawa Tengah, Arief Prabowo menyampaikan, penyaluran dana tersebut bertujuan untuk meningkatkan potensi usaha kecil cukup besar. Ia berharap jika usaha itu diberdayakan akan menjadi soko guru perekonomian daerah dan nasional.

Menurutnya, BUMN mempunyai kemampuan untuk melakukan pembinaan dan bimbingan dalam permodalan, pemasaran, dan peningkatan sumber daya masyarakat. Kepedulian sosial BUMN terhadap masyarakat umum, khususnya usaha kecil, diharapkan tumbuh hubungan sosial psikologis dan saling membutuhkan antara BUMN dengan masyarakat umum.

Ia menyebutkan, sejak 1995 hingga Desember 2018 Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas telah menyalurkan dana kepada 1.667 mitra binaan sebesar Rp 33,4 miliar.

“Tujuan program ini adalah meningkatkan kemampuan usaha bagi pelaku UKM agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pinjaman kredit bunga
ringan,” tambahnya.

Kepala Bidang Restrukturisasi dan Pembiayaan pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Sandhy Purwoko menyampaikan bahwa pinjaman yang diberikan sangat menguntungkan bagi calon mitra
binaan karena biaya administrasi atau bunga pinjaman hanya sebesar 3% per tahun dan bunga menurun setelah pinjaman berjalan satu tahun.

“Penyaluran ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan sebagaimana mestinya,” jelas Sandhy. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here