Beranda Kilas Natal dan Tahun Baru, PT KAI Semarang Panen Layanan

Natal dan Tahun Baru, PT KAI Semarang Panen Layanan

0
Ilustrasi, kereta wista. pixabay.com

Perusahaan transportasi mililk negara itu juga melayani kunjungan wisata di Semarang dan sekitarnya.

Serat.idPT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 4 Semarang tak hanya menuai tingginya pengguna layanan angkutan kereta selama masa angkutan Natal dan tahun baru 2018/2019. Tercatat perusahaan transportasi mililk negara itu juga melayani kunjungan wisata di Semarang dan sekitarnya.

“Jumlah penumpang yang diangkut tahun ini mengalami peningkatan sebesar 18 persen jika dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar 375.129 penumpang,” kata Manager Humasda, PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro, Selasa, 8 Januari 2019.

Krisbiantoro menyebutkan peningkatan itu diukur selama operasional angkutan Natal dan tahun baru yang terlaksana  selama 18 hari mulai tanggal 20 Desember dan berakhir pada Minggu, 6 Januari 2019.

Tercatat masa selama masa angkutan Natal dan tahun baru kali ini, PT KAI Daop 4 Semarang memberangkatkan 441.761 penumpang.  Dari jumlah penumpang yang diangkut tersebut, sebanyak 131.833 atau 30 persen diberangkatkan dari Stasiun Semarang Poncol, 102.419 23 dari  Stasiun Semarang Tawang,

“75.755 penumpang  atau 17 persen dari  Stasiun Tegal. Sedangkan 52.518 penumpang  12 persen dari Stasiun Pekalongan, sisanya 79.236 penumpang dari stasiun keberangkatan lain,” kata Krisbiyantoro menjelaskan.

Ia menyebutkan secara umum, pelaksanaan angkutan Nataru kali ini berjalan dengan aman dan terkendali. Tidak ada gangguan ataupun kecelakaan dalam perjalanan KA pada masa angkutan Nataru tahun ini.

Menurut dia, PT KAI Daop 4 Semarang menyiapkan 82 perjalanan kereta api terdiri dari 54 perjalanan KA jarak jauh menengah reguler, 12 perjalanan KA jarak jauh menengah tambahan, dan 16 perjalanan KA lokal reguler.

Puncak keberangkatan menggunakan KA terjadi pada tanggal 22 Desember 2018 dengan jumlah penumpang naik mencapai 27.734 penumpang. Sedangkan untuk kedatangan terjadi juga pada tanggal yang sama pada tanggal 22 Desember 2018, dengan jumlah penumpang yang turun mencapai 29.191 penumpang.  

Selain layanan angkutan, dalam kurun waktu yang sama PT KAI Daop 4 Semarang melayani kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi di bawah pengelolaan perusahaan plat merah itu.

Di antaranya Lawang Sewu yang dikunjungi  150.779 pengunjung terdiri dewasa anak-anak dan wisatawan mancanegara. “Sedangkan kunjungan ke Museum KA Ambarawa berjumlah 45.430 pengunjung,” katanya. (*)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here