BERBAGI
Aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dok/Pelindo III

Peningkatan itu didukung oleh operator kapal Ro-Ro yaitu PT ALP yang beroperasi di Terminal Tanjung Emas.

Serat.id –  Arus Barang lewat pelabuhan yang dikelola PT Pelindo III selama 2018 meningkat drastis sebanyak 161 persen dibanding tahun sebelumnya.  Hal itu mencatatkan kinerja usaha selama tahun 2018 secara positif.

“Mengalami peningkatan yang signifikansebesar 161 persen yang terealisasi sebesar 35.994 unit dibanding periode yang sama tahun 2017 yang tercatat sebesar 13.792 unit,” kata kata CEO Pelindo III Regional Jawa Tengah, Arief Prabowo, dalam keterangan resmi, Rabu 6 Maret  2019.

Berita terkait : Kapal Pesiar Star Clipper Kembali Singgah di Tanjung Emas

Arief menyebutkan peningkatan itu didukung oleh operator kapal Ro-Ro yaitu PT ALP yang beroperasi di Terminal Tanjung Emas. “Itu berdampak pada peningkatan arus barang yang cukup signifikan dalam satuan unit,” Arief menjelaskan.

Menurut Arief selain arus barang, arus kunjungan kapal  petikemas, arus penumpang dan arus hewan juga mengalami peningkatan di tahun 2018.

Tercatat arus  dalam satuan M3 juga meningkatsebesar 76 persen yang terealisasi sebesar 1.276.121 M3, sedangkan dalam satuan ton meningkatsebesar 6 persen yang terealisasi sebesar 30.086.358 ton dibanding periode yang sama tahun 2017.

Baca juga : Jumlah Penumpang Kapal Laut Diprediksi Menurun saat Libur Natal dan Tahun Baru

Kenaikan itu disebabkan adanya project pembangunan PLTU Batang dan PLTU Tanjung Jati Jepara di Jawa Tengah sehingga berdampak positif pada peningkatan perdagangan luar negeri general cargo khususnya heavy cargo.

Arus kunjungan kapal juga mengalami peningkatan baik dalam satuan unit maupun Gross Tonnage (GT). Arus kunjungankapal dalam satuan unit meningkat 7 persen yang terealisasisebesar 5.637 unit sedangkan dalam satuan GT meningkat 13 persen terealisasi sebesar 53.675.778 GT

“Kenaikan ini disebabkan meningkatnya arus kunjungan kapal general cargo luar negeri yang bermuatan alat proyek dan sapi, gypsum serta batubara via tongkang,” jelasnya.

Sedangkan arus penumpang naik 44 persen  yang terealisasi sebesar 371.615 orang dibanding periode yang sama tahun 2017 sebesar 257.792 orang.

Hal ini dikarenakan tingginya minat wisatawan luar negeri berkunjung ke JawaTengah, disamping itu kapal-kapal cruise yang berkunjung pada periode 2018 didominasi dengan kapal-kapal ukuran GT (Gross Ton) yang besar.

Sedangkan arus hewan juga mengalami peningkatansebesar 34 persen yang terealisasi sebesar 18.719 ekor dibanding periode yang sama tahun 2017 sebesar 13.922 ekor. Hal ini dikarenakan adanya penambahan kuota dari pemerintah terkait pengalihan kegiatan bongkar sapi dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Intan.

Saat ini beberapa program pengembangan telah disiapkan oleh Manajemen Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas untuk menunjang tingginya volume layanan dilakukan dengan menata infrastruktur.

Di antaranya pengadaan forklift 4 ton satu unit lengkap dengan Bale  Clamp, penggantian lampu penerangan dari lampu konvensional menjadi lampu LED di Pelabuhan Tanjung Emas, dan pembangunan tempat parkir di area jalan akses dermaga pelabuhan dalam. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here