BERBAGI

Serat.id – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat menengah atas/ sederajat dipercepat dari jadwal sebelumnya. Hal tersebut disampaikan oleh PLT Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Sulistyo, Rabu, 13 Maret 2019. Untuk SMK akan dilaksanakan pada 25-28 Maret dan SMA 4-8 April 2019.

ilustrasi UNBK. (istimewa)

“Karena bersamaan bulan April ada pemilu dan bulan puasa makanya diajukan, biasanya kan UNBK dilaksanakan April kalau nggak Mei supaya nggak memecah konsentrasi mereka juga,” kata Sulistyo di Semarang.

Sulistyo mengatakan pelaksanaan UNBK tingkat SMA / SMK di Jawa Tengah telah mencapai 100 persen. Pelaksanaan UNBK menurutnya akan memperkuat validasi data peserta ujian. Sementara untuk penyusunan jadwal UNBK telah dikerjakan oleh tim Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Sulistyo memastikan saat UNBK berlangsung tidak akan ada kendala terkait listrik padam dan putusnya koneksi internet. Menurutnya setiap sekolah telah siap siaga dengan menggunakan genset.

“Untuk sekolah swasta yang belum terakreditasi harus nginduk dulu, yang penting UNBK tetap jalan,” katanya.

Sulistyo menyebutkan, peserta UNBK 2019 Provinsi Jawa Tengah untuk tingkat Sekolah Menengah Atas mencapai 190.878 siswa dengan total 1.514 SMA. Sedangkan untuk peserta Sekolah Menengah Kejuruan mencapai 247.089 siswa dengan 1.533 SMK.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here