BERBAGI

Serat.id – Puluhan ikan hiu mati di Pulau Menjangan Besar, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Tepatnya di penangkaran ikan hiu milik Cun Ming. Ikan hiu miliknya mati diduga karena diracun.

Pemilik kolam penangkaran ikan hiu, Cun Ming menemukan ikan hiu mati di dasar kolam setelah mendapatkan kabar dari penjaga kolam di Pulau Menjangan. Ia menyebutkan, ikan yang mati ada sekitar 110 ekor dengan rincian 97 ekor ikan hiu dan sisanya ikan tryger dan ikan kambing lebar.

Penampakan bangkai ikan hiu yang mati mendadak di penangkaran ikan Karimunjawa. (dok. Balai Taman Nasional Karimunjawa)
Penampakan bangkai ikan hiu yang mati mendadak di penangkaran ikan Karimunjawa. (dok. Balai Taman Nasional Karimunjawa)

“Ada lima kolam, dua kolam itu aja yang mati lainnya nggak mati. Sisanya anak hiu saya taruh dikolam belakang. Itu dikasih racun apa saya nggak tahu,” kata Cun Ming Selasa, 19 Maret 2019.

Cun Ming kaget dengan kematian ikan hiu yang mendadak itu. Ia mengatakan, kejadian itu telah ia laporkan ke Polda Jawa Tengah agar mendapat penanganan lewat jalur hukum.

Sementara itu Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa, Agus Prabowo menampik total ikan hiu yang mati di Pulau Menjangan. Dan saat ini pihaknya sedang menyelidiki kasus kematian massal ikan hiu, dengan mendatangi lokasi penangkaran ikan milik Cun Ming.

“Peninjauan ke lapangan kami ketemu dengan petugas yang menjaga karamba di Menjangan Besar, setelah kami tanyakan sebetulnya berapa ikan hiu yang di sana ada sekitar 45. Jadi saya sudah cek sendiri ada 45 bukan 110,” kata Agus.

Agus mengatakan, kasus kematian ikan hiu tersebut saat ini sedang diselidiki lebih dalam dengan mengambil sampel potongan daging ikan hiu dan dua botol air kolam. Langkah itu diambil karena ada dugaan air kolam tercemar.

“Air kolam memang berubah warna jadi kuning di tempat ikan mendadak mati massal,” kata Agus.

Agus mengungkapkan ikan hiu sebenarnya bukan jenis ikan budidaya lantaran tidak memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat. Ia juga tidak membenarkan adanya penangkaran atau budidaya ikan hiu di wilayah konservasi. Dan ikan hiu milik Cun Ming yang ditangkar merupakan jenis ikan hiu karang hitam dan Karang putih.

“Sebenarnya ikan hiu tidak dibenarkan untuk ditangkar apalagi ada di daerah konservasi,” Tutup Agus. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here