BERBAGI

Serat.id– Dalam rangka hari hutan sedunia, Greenpeace Kota Semarang mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Kegiatan itu dilakukan melalui pembagian bibit tanaman dan mengajak anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bhakti di Pudak Payung, Kota Semarang menanam pohon.

“Kita manfaatkan momen ini untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat dimulai dari anak-anak untuk merawat dan menanam pohon,” kata Najib Jumat, 22 Maret 2019.

Relawan Greenpeace ajari anak cara tanam pohon, Jumat 22 Maret 2019.
Relawan Greenpeace ajari anak cara tanam pohon, Jumat 22 Maret 2019.

Najib mengatakan, dengan adanya edukasi sejak dini tentang perawatan dan melindungi hutan diharapkan mampu menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli lagi terhadap lingkungan.

“Hutan sangat penting. Kita bergantung pada hutan untuk kelangsungan hidup kita, dari udara yang kita hirup sampai dengan hasil-hasil hutan yang kita gunakan,” jelasnya.

Najib menambahkan, selain menyediakan habitat bagi hewan dan mata pencaharian bagi manusia, hutan juga menawarkan perlindungan daerah aliran sungai, mencegah erosi tanah dan mengurangi perubahan iklim.

“Kita juga bagi bibit tanaman di rumah warga, kita datangi rumahnya dan kita ajak tanam bibit pohon itu seketika itu juga, ada 100 bibit yang kita bagi,” katanya.

Kepala Sekolah PAUD Bhakti, Dwi Lestari menyambut baik para relawan penjaga hutan yang mengajak dan mengedukasi anak-anak didiknya dengan cara merawat tanaman sedari dini.

“Anak-anak tampak antusias saat diajarkan bagaimana merawat dan menanam pohon, sebelumnya mereka diajak bagaimana mengenali hutan lewat gambar dengan cara menggambar pepohonan,” kata Dwi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here