BERBAGI
Tim Dompet Dhuafa saat bersih bersih masjid Masjid Agung Syekh Asnawi Caringin – Banten. dok/ Dompet Dhuafa

Serat.id – Lembaga sosial Dompet Dhuafa berbagi kebaikan dengan menggelar kergiatan bersih- bersih masjid bersejarah di Indonesia dalam menyambut ramadhan 1440 H tahun ini.  Lembaga itu menilai masjid bersejarah harus kita lindungi dan jaga keindahan serta kebersihannya.

 “Kegiatan ini merupakan bagian dari program revitalisasi masjid dan  musholla yang rutin kami lakukan setiap tahun menjelang ramadhan,” kata Perwakilan Dompet Dhuafa, Ahmad Fitroh, dalam keterangan remsi di terima serat.id, Sabtu, 4 Mei 2019.

Baca juga : Warga Baca Salawat Iringi Pembongkaran Masjid di Jalan Tol Batang-Semarang

Donasi Rp 185 Juta dari Kota Pekalongan untuk Sulteng

Banser Jawa Tengah Buka 312 Posko Mudik 2018

Menurut dia, bersih tempat iobadah umat muslim itu bertujuan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,  memberikan rasa nyaman, khusyu dan tenang kepada jamaah saat ibadah selama bulan suci ramadhan.

Tercatat kegiatan bersih-bersih  yang digelar di Masjid Agung Syekh Asnawi Caringin – Banten. Masjid itu didirikan pada era kolonial Belanda pada tahun 1883 , oleh Syekh KH. Asnawi.

“Di Indonesia banyak sekali situs-situs bersejarah, situs bukan hanya berupa candi, banteng dan istana namun masjid juga termasuk dalam situs yang sudah menjadi kewajiban kita untuk melindungi dan melestarikanya,” kata Ahmad menjelaskan.

Ia menyebutkan saat bulan suci ramadhan masjid bersejarah memiliki daya tariknya sendiri, masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, namun juga sebagai tempat berwisata. Masyarakat berkunjung ke masjid bersejarah untuk merasakan suasana beribadah  di masjid yang sudah berdiri sejak ratusan tahun lamanya, serta merlihat keindahan masjid tersebut.

Tim Dompet Dhuafa bekerja sangat professional membersihkan masjid dengan sangat sungguh-sungguh dan tulus. Dimulai dengan membersihkan karpet sejadah dengan cara memvakum dan menambahkan pewangi agar orang dapat beribadah dengan nyaman. 

Tempat wudhu, jendela serta pintu masjid pun tidak lupa tim bersihkan sampai terlihat mengkilat. Seperti halnya membangun rumah kegiatan bersih-bersih masjid juga di tutup dengan mencat ulang masjid sehingga terlihat cerah.

Aksi sosial  Dompet Dhuafa tidak berhenti sampai bersih masjid saja, Beberapa kegiatan lain yang merupakan rangkaian dari program-program LPM Dompet Dhuafa dalam rangka memeriahkan dan menghidupkan bulan suci ramadhan, diantaranya  Dzikir dan munajat doa bersama keluarga pasien, Kampung Sanlat anak yatim dan dhuafa, Parsel Lebaran, Kudapan Ramadhan, Sahur Berkah, Gerebek Kampung Berbuka, Pelatihan dongeng ceria untuk guru TPA, Ramadhan berbagi bersama disabilitas, Pesantren Ramadhan bagi disabilitas, Dapur Keliling dan Mudik Ceria.

Pengurus DKM Masjid Agung Syekh Asnawi, H. Mumu Mukhlis menyatakan gerakan bersih-bersih masjid menjadikan aktivitas yang mampu menggerakkan masyarakat untuk selalu memperhatikan kebersihan.

“Kami merasa bersyukur yang luar biasa kepada Dompet Dhuafa yang telah  melakukan aksi sosial itu,” kata Mukhlis .

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa melalui Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf dan dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan dan lembaga. Lebih dari 25 tahun Dompet Dhuafa berkontribusi bagi perkembangan ummat di bidang sosial, kesehatan, ekonomi dan kebencanaan, serta CSR. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here