BERBAGI

Serat.id– Penyedia solusi perjalanan berbasis teknologi Airy berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa menghadirkan platform donasi berbasis digital selama bulan Ramadan. Program tersebut untuk mendukung semangat jangan takut berbagi Ramadan 1440 H. Program berlangsung sepanjang 5 Mei hingga 9 Juni 2019.

Salah satu program pemberdayaan mustahik yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa sebagai bentuk penyaluran donasi. (dok Dompet Dhuafa)
Salah satu program pemberdayaan mustahik yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa sebagai bentuk penyaluran donasi. (dok Dompet Dhuafa)

Direktur Mobilisasi ZIS (Zakat, Infak dan Sedekah) Dompet Dhuafa Filantropi, Yuli Pujihardi mengatakan, setiap transaksi pemesanan kamar/akomodasi dengan kode tertentu melalui aplikasi atau website Airy akan dikonversikan menjadi dana yang akan didonasikan kepada Dompet Dhuafa.

“Kami sangat mengapreasiasi program Airy yang secara aktif melibatkan penggunanya untuk berbagi,” katanya sebagaimana keterangan tertulis yang diterima serat.id, Selasa, 7 Mei 2019.

Yuli mengatakan, untuk berdonasi bisa menyertakan kode “DDAIRY10“ atau “DDAIRY15” pada setiap pemesanan penginapan. Dengan cara itu, pengguna Airy ikut berperan menyisihkan Rp 10.000 atau Rp 15.000. Donasi tersebut tanpa nilai minimum transaksi dan tidak ada pengenaan biaya tambahan apapun. Ini berlaku untuk transaksi selama 5 Mei sampai 9 Juni 2019 dengan periode inap 5 Mei-30 Juni 2019 (kecuali 24 Mei-15 Juni 2019).

“Targetnya, pada akhir Juni mendatang, seluruh hasil donasi sudah tersampaikan kepada Dompet Dhuafa,” katanya.

Yuli menjelaskan, Dompet Dhuafa terus berupaya mengatasi kemiskinan melalui tiga cara, yaitu pelayanan, pengembangan dan pemberdayaan. Pelayanan diberikan kepada mustahik yang bersifat darurat dan kondisi mendesak. Pengembangan untuk mengembangkan potensi mustahik dengan membuka akses sumber daya agar terdidik dan terampil. Sedangkan pemberdayaan untuk memberdayakan mustahik yang memiliki aset, tetapi lemah dalam mengoptimalkannya. Tujuannya agar menjadi muzakki.

“Ketiga langkah tersebut merupakan dinamika pengelolaan mandat Zakat, Infak Sedekah, dan Wakaf yang mengalir melalui Dompet Dhuafa,” kata Yuli.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here