BERBAGI

Serat.id – Memasuki hari kedua Ramadan 1440 H, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional Kota Semarang mengalami kenaikan dengan harga yang bervariasi.

Menurut pantauan Serat.id di pasar Johar Semarang pada Selasa, 7 Mei 2019 kenaikan harga terjadi pada bawang putih, cabai keriting dan daging ayam. Harga cabai keriting naik Rp 5.000/ kg dari Rp 15.000/kg menjadi Rp 20.000. Harga daging ayam naik Rp 2.000/kg, dari Rp 33.000/kg menjadi Rp 35.000/kg. Sedangkan bawang putih yang semula Rp 50.000/kg juga naik menjadi Rp 65.000/kg.

Harga kebutuhan pokok di Pasar Johar mengalami kenaikan di bulan Ramadan.
Harga kebutuhan pokok di Pasar Johar mengalami kenaikan di bulan Ramadan.

Pedagang bawang putih di pasar Johar, Maryati menjelaskan kenaikan harga bawang putih terjadi karena tidak tersedianya stok bawang putih. Para pedagang pun terpaksa menaikkan harga bawang putih di pasaran.

“Sekarang bawang putih lagi langka, terpaksa kita naikkan harganya,” kata Maryati kepada serat.id disela-sela melayani pembeli.

Maryati mengungkapkan kenaikan harga bawang putih menurunkan minat pembeli. Juga mengurangi pendapatannya dalam beberapa hari terakhir. Ia berharap stok bawang putih segera ada dan mampu menstabilkan harga.

Sementara itu pedagang daging ayam Rohmatun menuturkan, harga daging ayam naik di bulan Ramadan merupakan hal yang lumrah. Meski stok ayam melimpah, permintaan dari pembeli ternyata cukup tinggi.

“Kalau daging ayam setiap puasa sama nanti lebaran memang harganya selalu naik, pembeli juga memaklumi itu,” ucap Rohmatun.

Seorang pembeli, Nur Khofifah menuturkan harga kebutuhan pokok membuatnya kaget dan enggan untuk membeli. Namun ia maklum soal harga daging ayam. Ia berharap harga kebutuhan pokok segera stabil.

“Semoga setelah lebaran nanti semua harga sudah stabil, karena kita juga harus memenuhi kebutuhan lainnya repot kalau semua harga naik,” katanya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here