BERBAGI

“Pelanggaran yang dilakukan pelaku kategori pelanggaran kode etik sedang,”

Serat.id – Dosen pelaku pelecehan seksual di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, terbukti melanggar kode etik. Hal itu berdasarkan hasil verifikasi dari bukti aduan korban dan pengakuan pelaku. Pelaku terbukti melangggar pasal 1 ayat 1 dan pasal 13 ayat 6 Peraturan Senat Akademik Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik Dosen Universitas Diponegoro.

Sejumlah aktivis di Kota Semarang menggelar aksi tuntut Undip untuk memecat oknum dosen pelaku pelecehan seksual di kampus, Kamis, 4 April 2019.
Sejumlah aktivis di Kota Semarang menggelar aksi tuntut Undip untuk memecat oknum dosen pelaku pelecehan seksual di kampus, Kamis, 4 April 2019.

“Kategori pelanggaran yang dilakukan pelaku merupakan kategori pelanggaran kode etik sedang,” kata ketua Tim ad hoc Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip), Irianto Widisuseno.

Irianto menyatakan dengan pelanggaran ini arahnya kepada sanksi etik dosen. Sedangkan Tim ad hoc memberikan dua rekomendasi kepada universitas yakni mengusulkan kepada Rektor Undip, Prof.Yos Johan Utama untuk memberikan sanksi berupa pembatasan hubungan dosen dan mahasiswa dalam lingkup tridharma perguruan tinggi dan meminta universitas memeriksa kejiwaan pelaku kepada psikiater.

Baca juga: Aktivis Semarang Tuntut Undip Pecat Dosen Mesum

“Untuk kewenangan final dan menyampaikan bentuk pembantasan sanksi hubungan dosen dan mahasiswa itu kewenangan universitas (Rektor),” ujar Irianto menambahkan

Dua rekomendasi tersebut juga telah disampaikan oleh tim ad hoc kepada Senat Fakultas dan Dekan FIB Undip pada Jumat, 10 Mei 2019. Sedankan timnya sudah membuat surat pengantar kepada Rektor Universitas Diponegoro.

“Kami mohon (Rektor) untuk menindaklanjuti hasil rekomendasi,” katanya.

Tercatat Tim ad hoc yang dibentuk Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip), Senin, 18 Maret 2019, setelah ramai pemberitaan oleh salah satu media online yang menulis dosen mesum di kampus itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here