BERBAGI

Serat.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Semarang akan memantau arus mudik lebaran 2019 di Tol Trans Jawa. Pemantauan melalui pos terpadu di Tol Kalikangkung dan Gerbang Tol Banyumanik.

Ganjar Pranowo saat memantau jalan tol.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memantau jalan tol di Salatiga.

“Di situ nanti akan disiapkan CCTV yang akan menjangkau seluruh ruas jalan tol di Jawa Tengah Mulai dari Brebes hingga Sragen,” kata Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKPB Yuswanto, Rabu, 15 Mei 2019

AKBP Yuswanto mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan pada arus mudik lebaran 2019, Satlantas akan menerapkan one way yang dimulai dari Tol Pejagan. Pihaknya juga tetap memperhatikan jalur-jalur di Pantura, mulai dari jalur Mangkang hingga Genuk.

“Khusus Genuk kita juga sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Karena kita ketahui bersama sering terjadi rob dimana akibat ketidakmampuan operasional pompa-pompa yang ada,” kata Yuswanto.

Satlantas juga akan berkoordinasi dengan Trans Marga Jateng untuk antisipasi kemacetan lalu lintas di jalan tol. Yuwanto memprediksi akan ada 400 ribu kendaraan yang melintas di tol Trans Jawa saat arus mudik yang didominasi kendaraan pribadi.

Menurut Yuswanto, gerbang Tol Kalikangkung dan Tol Banyumanik diprediksi akan jadi antrian panjang. Pihaknya akan menyiapkan jalur evakuasi di exit tol yang menuju mengarah ke Srondol dan exit tol Kaliwungu samping kebun binatang Mangkang.(*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here