BERBAGI

Serat.id – Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Jawa Tengah membuka tujuh Pos Koordinasi (Posko) selama arus mudik 2019. Ketujuh posko tersebut antara lain  Posko Brebes yang meliputi wilayah Brebes hingga Tegal,  Posko Pemalang yang meliputi Tegal hingga Batang,  Posko Kalikangkung Ngaliyan untuk wilayah Batang hingga Kabupaten Semarang. 

“Basarnas Jateng juga membuka  Posko di Wangon yang mengcover wilayah Purwokerto dan sekitarnya, Posko Surakarta untuk wilayah Surakarta dan sekitarnya, Posko Jepara untuk wilayah timur Jateng serta  Posko Wonosobo, “ ujar Kepala Basarnas Jateng, Aris Sofingi, saat menggelar apel pembukaan posko Siaga SAR khusus Angkutan Lebaran 2019 di halaman kantor Basarnas Jateng, Senin, 27 Mei 2019) pagi.

Berita terkait : Polrestabes Semarang Siapkan CCTV Pantau Arus Mudik Tol Trans Jawa

Tagana Kota Semarang Bagikan Takjil kepada Pengendara Jalan

Menurut Aris, Basarnas Jateng juga akan melaksanakan pemantauan di titik lokasi wisata yang berpotensi terjadi musibah seperti pemantauan di wisata pantai atau danau.

“Bilamana ada kecelakaan yang membutuhkan pertolongan dengan penanganan khusus, kita siap menolong. Tunjukan bahwa kita bekerja secara profesional, disiplin tinggi dan bertanggung jawab,” kata Aris menjelaskan.

Pada angkutan lebaran kali lembaganya melaksanakan siaga SAR khusus arus mudik lebaran tahun 2019 / 1440 H  yang di mulai tanggal 28 Mei hingga 13 Juni 2019.

Siaga SAR khusus arus mudik lebaran bertujuan terwujudnya pelayanan yang cepat, tepat, aman untuk mendukung unsur- unsur terkait seperti TNI Polri, dan perhubungan. Tim yang dikerahkan akan memanta jalur mudik angkutan lebaran secara aman, nyaman dan terkendali.

Tercatat lembaga negara yang menangani kebencanaan itu juga menyiapkan peralatan SAR khususnya kendaraan rescue car yang dilengkapi peralatan medis, peralatan extrikasi, peralatan komunikasi, yang menunjang saat pertolongan kecelakan dengan penanganan khusus. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here