BERBAGI
Peta Hari tanpa hujan, dok. BMKG) Stasiun Klimatologi Klas I Semarang

Mengacu Analisis Curah Hujan Dasarian 3 Mei 2019.

Serat.id – Badan meteorologi klimatologi geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Klas I Semarang memperkirakan sejumlah daerah di Jawa Tengah mengalami Hari Tanpa Hujan (HTH) dalam beberapa waktu ini. Perkiraan  itu mengacu Analisis Curah Hujan Dasarian 3 Mei 2019.

“Hari  Tanpa Hujan di Jawa Tengah sebagian besar dalam kategori panjang  21  hingga  30 hari tanpa hujan  tersebar di Jawa Tengah bagian Timur dan Selatan,” kata Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Semarang, Tuban Wiyoso, dalam keterangan resminya, Sabtu 1 Juni 2019.

Berita terkait : Udara Basah Picu Cuaca Ekstrem

Tuban juga menyebutkan Hari tanpa Hujan dalam kategori Sangat Panjang 31 hingga  60 hari  tersebar di sebagian besar wilayah Wonogiri meliputi Pracimantoro, Wuryantoro, Jatiroto, Baturetno, Giritontro dan Klumpit dan sebagian kecil wilayah Magelang  meliputi Mungkid/Pagersari, Ngablak, Ngraje. Termasuk  Klaten di kawasan Cokrotulung, Karanganyar  di Jumapolo,  dan Semarang  daerah Grejeg, serta Rembang  di kecamatan Mudal dan Pamotan.

baca Juga : Sambut Musim Hujan, KAI Daop 4 Periksa Rel Jalur Pekalongan-Semarang

“Dengan hari tanpa hujan terpanjang selama 36 hari di Klaten kawasan Cokrotulung,” kata Tuban menambahkan.

Selain itu analisa Curah Hujan Dasarian 3 Bulan Mei  2019 menunjukan curah hujan pada das 3 bulan Mei 2019 di sebagian besar wilayah Jawa Tengah termasuk kriteria Rendah 0  hingga  50 mili meter dan di sekitar pegunungan Dieng dan sebagian Pantura Tengah termasuk dalam kriteria Menengah 51  hingga  150 mili meter. Kriteria Tinggi  itu berada di beberapa titik lokasi di Banjarnegara, Batang dan Kendal.

Sedangkan Prakiraan Probabilistik Curah Hujan Dasarian 1 Bulan Juni 2019, yang diupdate 23 Mei 2019 menunjukan seluruh wilayah Jawa Tengah. “Itu berpeluang  lebih 70  persen pada kriteria  kurang  50 mili meter per dasarian,” kata Tuban menjelaskan.

Menurut Tuban, prakiraan Deterministik Curah Hujan Dasarian 2 Mei 2019  hingga  Dasarian 2 Juni 2019, terupdate 6 Mei 2019 menunjukan secara umum Dasarian 1 Juni diprakirakan curah hujannya dalam kriteria rendah; sebagian besar berada pada kisaran 11  hingga  50 mili meter per dasarian.

Sebagian besar  kondisi itu terjadi di kawasan Wonogirir, Klaten dan Sukoharjo serta sebagian wilayah utara Cilacap dan sebagian wilayah selatan Brebes yang berada pada kisaran 0  hingga 10 mili meter  per dasarian.

Selain itu Dasarian 2 Juni  hingga dasarian 1 Juli seluruh wilayah di Jawa tengah diprakirakan curah hujanny dalam criteria rendah yaitu berada dalam kisaran 0  hingga  10 mili meter per dasarian,” katanya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here