BERBAGI
Pembukaan Ormas Expo 2019 di Java Mall Semarang, Kamis 11 Juli 2019.
Pembukaan Ormas Expo 2019 di Java Mall Semarang, Kamis 11 Juli 2019.

Serat.id– Sebanyak 30 Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berada di Kota Semarang mengikuti kegiatan Ormas Expo 2019 di Hall Java Mall Semarang, selama 10-14 Juli 2019. Kegiatan  tahun kedua dari kegiatan Expo Ormas menampilkan produk ekonomi dari masing-masing ormas.

“Maksud dan tujuan produk layanan ormas karena  selama ini ormas dianggap oleh sebagian masyarrkat nilainya dalam tanda kutip minus. Akan tetapi saat ini kita buktikan bahwa ormas bersatu, kita sepakat bergerak bersama membangun Kota Semarang,” ujar AM Jumai, Ketua Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu (FKSB).

Menurut Jumain, proses seleksi dilakukan selama dua hingga tiga bulan terhadap 220 ormas yang terdata dalam FKSB.   “Selama ekspo  berlangsung panggung ini tidak akan pernah sepi karena ini akan diiisi oleh artis-artis dari ormas masing-masing dan termasuk ada ngaji in the mall,” ujarnya

Direktur Ormas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Luthfi, mengatakan pada tahun 2019 tercatat  417. 824 ormas di seluruh Indonesia. Peran ormas, kata Luthfi, sangat bermanfaat sejak sebelum Negara Kesatuan Republik Indonesia didirikan.  “Ada perkumpulan Budi Utomo, ada perkumpulan Muhammadiyah, Ada NU, dan semuanya sama-sama berupaya untuk mempercepat kemerdekaan,” ujarnya.

Sementara itu  Asisten Dua Kota Semarang, Widoyono mengapreasi  kegiatan tersebut yang dianggap langka untuk digelar.   “Sungguh sangat relevan kita sanggat mendukung, di mana para ormas akan mandiri, ormas yang mandiri akan menopang ketahanan kota, dan  ketahanan pemerintah,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here