BERBAGI
Gedung bersejarah milik Kantor PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) di Jalan Pengapon, Kemijen, Semarang Timur,  Kota Semarang terbakar Rabu, 10 Juli 2019.

Gedung bersejarah milik Kantor PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) di Jalan Pengapon, Kemijen, Semarang Timur,  Kota Semarang terbakar Rabu, 10 Juli 2019. (Ulil/ serat.id)

Serat.id-Gedung bersejarah milik Kantor PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) di Jalan Pengapon, Kemijen, Semarang Timur,  Kota Semarang terbakar Rabu, 10 Juli 2019.  Gedung tersebut sempat digunakan untuk kantor Semarang-Joana Stoomtram (SJS) Maatschappij.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan kebakaran terjadi pada pukul 00.20 WIB akibat adanya arus pendek.

“Ada 3 pemadam kebakaran untuk penanganan. Untuk padamnya (api) dinyatakan pukul 04.45 WIB,” ujar Krisbiyantoro ketika dihubungi serat.id.

Menurut Kris, kebakaran tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa karena gedung tersebut sudah lama tidak digunakan.  Kris mengatakan bangunan tersebut termasuk cagar budaya akan  tapi belum masuk dalam registrasi. 

“Kalau kerugian itu saya tidak bisa ngitung jumlah materialnya, yang jelas di sisi belakang saja yang terbakar, kayu-kayunya saja yang rusak,” ujarnya

Berdasarkan pantuan serat.id di lapangan, usai kebakaran pada bagian depan pagar bangunan tersebut diberi garis batas polisi dan terdapat dua penjaga keamanan. Sementara pada bagian dalam gedung, kebakaran tersebut merusak bagian seng dan loteng.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here