BERBAGI

Serat.id-Kota lama sebagai ikon wisata Kota Semarang, adalah magnet wisata bagi wisatawan daerah maupun mancanegara. Bangunan-bangunan bersejarah dan berbagai museum kesenian dapat memanjakan mata, sekaligus menjadi tempat yang cantik untuk diajak berfoto. Berbagai kuliner kaki lima sampai restoran pun, banyak ditemukan di kawasan seluas 31 hektar ini.

Galeri Kreatif Semarang di Kawasan Kota Lama Semarang. (Dimitri Janitra/ Serat.id)
Galeri Kreatif Semarang di Kawasan Kota Lama Semarang. (Dimitri Janitra/ Serat.id)

Di kawasan dengan julukan “Little Netherland” ini, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah Kota Semarang mendirikan Galeri UMKM. Galeri yang berada di Gedung Semarang Kreatif Galeri ini menjual berbagai produk dari seluruh UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang.

Di gedung yang diresmikan tanggal 2 Agustus 2017 lalu ini, Galeri UMKM menjual berbagai produk handmade yang dikurasi langsung oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang juga Ketua Badan Pengelolaan Kawasan Kota Lama. Kain batik, sepatu, perhiasan, jam tangan, hingga suvenir, bisa anda beli disini.

Galeri UMKM diharapkan dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengenal UMKM yang ada di seluruh Kota Semarang.

Fasilitator Promosi Galeri UMKM Semarang, Nana Dwijayanti menjelaskan, omzet penjualan produk-produk UMKM tersebut bisa mencapai Rp 30 juta per bulannya.

“Itu semua pendapatan kita berikan ke UMKM, tidak kita potong,” ungkap Nana saat ditemui Serat pada hari Jumat, 12 Juni 2019.
Dalam usahanya untuk mengenalkan produk UMKM di Semarang kepada masyarakat yang lebih luas, Galeri UMKM juga menjual produk-produk di berbagai e-commerce.

Galeri UMKM juga membuka booth dalam acara Jateng Fair yang berlangsung dari tanggal 28 Juni hingga 14 Juli 2019.

Bagi anda yang ingin berbelanja atau pun sekedar berkunjung ke Galeri UMKM, anda bisa datang antara pukul 9.00 -21.00 WIB di Semarang Kreatif Galeri, Jalan Letjen Suprapro No. 7 Kawasan Kota Lama Semarang.
Selain di Kawasan Kota Lama, produk-produk UMKM juga bisa anda temukan di Central Java UMKM Center Banyumanik, UMKM Galeri Pasar Bulu, Galeri UMKM Bandara Ahmad Yani, dan UMKM Galeri Balaikota Semarang. (Dimitri Janitra/Magang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here