BERBAGI

Serat.id – Terdakwa kasus penerima suap Hakim Pengadilan Negeri Semarang non Aktif, Lasito, dituntut lima tahun penjara dan denda Rp 700 juta. Jaksa Penuntut Umum, Gina Saraswati menyatakan Hakim Lasito dijerat Pasal 12 huruf c UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001.

“Terdakwa terbukti melanggar tindak pidana korupsi, menjatuhkan pidana kepada Lasito terdakwa berupa kurungan penjara selama 5 tahun dan denda Rp 700 juta dan apabila tidak membayar denda akan diganti kurungan selama 4 bulan penjara,” ujar Gina saat sidang tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, Selasa 13 Agustus 2019.

Berita terkait : Untuk Suap Hakim Lasito, Ini Kode Bahasa yang Dipakai Bupati Jepara

KPK Gelar Rekonstruksi Kasus Suap Bupati Jepara

Gina menjelaskan tindakan Lasito telah mencoreng lembaga peradilan dan penegak hukum karena menerima suap dari Bupati Non Aktif Jepara, Ahmad Marzuqi yang sebelumnya tersandung kasus perkara korupsi penerimaan dana partai politik (Banpol) partai PPP di Jepara.

” Terdakwa terbukti menerima uang suap senilai Rp 700 juta dari Mantan Bupati Jepara,” Kata Gina menegaskan.

tercatat mantan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi juga dijerat dengan tuntutan empat tahun penjara dan denda Rp 500 juta. Marzuki terbukti melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here