BERBAGI

Serat.id –  Motivasi Kepemimpinan kaum muda yang dikemas dalam lewat Impact Talks! Bring Up Your Leadership di Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Jum’at pada 13 September 2019 mendapat antusias peserta dan segenap akademisi kampus setempat.  Acara yang digelar oleh Strategis Kantor Staf Kepresidenan Republik Indonesia, itu menghadirkan Deputi III Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis, Denni Puspa Purbasari yang memberikan motivasi dan tukar ide dengan peserta.


Deputi III Kantor Staf Kepresidenan, Denni Puspa Purbasari, saat memebrikan materi di acara Impact Talks! Bring Up Your Leadership di FEBUndip, Jum’at pada 13 September 2019. (Dok/KSP )

Saat menyampaikan materi  Denni memperkenalkan bagaimana mengubah talenta menjadi kekuatan untuk memimpin. Ia memperkenalkan tekhnik menggali potensi kepemimpinan kaum muda Kota Semarang dengan cara menumbuhkan dan melatih jiwa kepemimpinan yang diawali memahami diri sendiri dan membaca diri. 

“Bagaimana mengubah talen menjadi kekuatan. Ada pilihan tindakan dan aktivitas jika tak berusaha memahami akan tabrakan,” kata Denni Puspa Purbasari, saat memberikan motivasi. 

Baca Juga:
Kaum Muda Semarang Bedah Pemikiran Gus Dur
Vihara Buddhagaya, Tempat Berdoa Sekaligus Wisata
Diskriminasi Mahasiswa Papua Dalam Suasana Perayaan Kemerdekaan RI

Perempuan yang meraih gelar doktor dari University of Colorado Boulder itu menyampaikan bagaimana mengawali  posisi sekarang sampai puncak. Termasuk sejumlah indikator kepemimpinan hingga  proses menuju puncak yang kadang melewati benturan konflik.

“Diperlukan mengubah bakat jadi kekuatan, mengubah praktek dari waktu ke waktu mulai dengan personal branding menjaga otentik diri,” kata Denni menjelaskan.

Acara  Impact Talks! Bring Up Your Leadership di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip itu sengaja digelar sebagai wadah untuk bertukar pikiran dan berbagi inspirasi kepada mahasiswa.  Kegiatan itu  merupakan seri kelima  yang sebelumnya diselenggarakan di Unika Atma Jaya Jakarta, Universitas Paramadina, Universitas Prasetya Mulya, Universitas Negeri Jakarta, dan akan berlanjut di beberapa universitas lainnya.

Tak hanya Denni, dalam rangakaian acara itu menghadirkan narasumber dari Kantor Staf Presiden dengan latar belakang yang berbeda-beda yaitu Fandi Achmad, penerima penghargaan McKinsey & Co. Young Leader for Indonesia dan Alumni University of Michigan, Amerika Serikat.

Termasuk Aditya Mandarizky, profesional bidang Banking dan Finance Alumni University of Edinburgh, Inggris, serta Dyah Pritadrajati, penerima beasiswa Jardine Foundation-Cambridge Trust dan Alumni University of Cambridge, Inggris.

Talkshow Impact Talks! juga menghadirkan Anindya Putri, yang merupakan Alumni Universitas Diponegoro dan University of Glouchestershire, Inggirs dan Puteri Indonesia 2015 yang mengantarkan Indonesia menjadi Top 15 Miss Universe 2015.

Dekan FEB Undip, Suharmono, mengapresiasi motivasi kepemimpinan kaum muda itu. Hal itu dibuktikan dia yang tak hanya membuka acara namun mengikuti hingga acara kelar.  Suharmono menyatakan kepemimpinan dapat dilihat dilihat dari aksi nyata. 

“Dari aksi nyata kita itulah yang akan terlihat talenta kepemimpinan. Dan itu susah harus memulai berani dan berkorban karena pemimpin paling akhir bahagianya,” kata Suharmono, saat sambutan membuka acara.

Menurut dia jika talenta kelihatan, maka untuk meraih kepemimpinan seorang tak perlu berebut karena publik yang menilai. Dalam kesempatan itu Suharmono juga berpesan kepada peserta agar menyiapkan diri sebagai manusia yang mampu menciptakan inspiratif dan sikap positif tentang banyak hal. (*)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here