BERBAGI

Serat.id– Hingga 2018, angka penderita kanker payudara di Indonesia sebesar 42,1 kasus per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 kasus per 100.000 penduduk. VIDEO ART ini diharapkan dapat memantik kesadaran masyarakat untuk peduli atas pencegahan dan penanganan kanker payudara.

Ninik Jumoenita adalah salah satu penderita kanker payudara. Di tengah perjuangannya menghadapi penyakit ini, ia berharap agar yang dialaminya menjadi pengetahuan berharga bagi semua orang, baik yang sehat maupun penderita kanker payudara. Terutama menyikapi kondisi (meski proses dan akibatnya bisa berbeda-beda) ketika menjalani kehidupan pasca operasi pengangkatan payudara.

Proses kemoterapi yang sungguh berat harus dihadapi dengan kemauan keras dan harapan untuk menjalani kehidupan baru. Bentuk kesadaran ini bukan sekedar legawa atau ikhlas ketika bagian tubuhnya hilang, namun bisa memahami bahwa ini adalah proses yang harus dilalui.

Bukan sekedar menghadapinya sendiri, Ninik ingin mengajak semua penderita kanker payudara menghadapi bersama setiap prosesnya. Jangan ada lagi kesendirian yang hanya mengakibatkan kesedihan berlarut seakan kehidupan tidak lagi berharga. Begitu pula ia berharap kepada masyarakat dunia untuk ikut menebarkan semangat positif bagi penderita kanker payudara.

VIDEO ART ini dibuat atas permintaan Ninik untuk berbagi rasa kepada semua orang. Semoga selanjutnya pembuat terus bisa mewujudkan keinginan Ninik untuk membuat video-video edukatif tentang kanker payudara. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here