BERBAGI
Evakuasi Kampung Taman Sari, Kelurahan Parakancanggah, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Sabtu 2 November 2019. Ist/serat.id

Selain korban meninggal dunia,  terdapat dua orang luka parah

Serat.id – Tercatat seorang tewas tertimbun tanah longsor di Kampung Taman Sari, Kelurahan Parakancanggah, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Sabtu 2 November 2019 kemarin. Selain korban meninggal dunia,  terdapat dua orang luka parah, yakni Sabar 30 tahun, warga Desa Pagentan Kecamatan Pagentan Banjarnegara, dan Darto 50 tahun, warga Dukuh Windusari, Desa Sokaraja, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara.

“Korban meninggal bernama Winoto 45 tahun dan sudah di evakuasi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arief Rahman saat dikonfirmasi.

Baca juga : Banjir dan Longsor Hambat Perjalanan Kereta Api

Longsor Galian C Wonosobo Tewaskan Dua Orang

LPBINU Jateng Kampanyekan Islam Ramah Lingkungan

Tanah longsor tersebut disebabkan oleh tanggul irigasi sepanjang 15 meter, lebar 20 meter, setinggi tinggi 3 meter jebol. Disinyalir tanggul tersebut tidak bisa menahan debit air pasca hujan deras yang mengguyur wilayah Banjarnegara, pada jumat, 1 November 2019 malam.

Menurut Arief, setelah hujan deras warga melihat retakan tanah di timur rumah korban sekitar pukul 23.00 WIB, tak hanya itu warga juga melihat air dari irigasi merembes dan masuk ke jalan. Meski retakan tanah tersebut langsung ditutup dan dibersihkan oleh beberapa warga namun tanggul jebol tak dapat dihindari.

“Setelah itu, sekitar pukul 6 pagi, saat beberapa warga pulang ke rumah masing-masing, terjadilah peristiwa nahas tersebut,” kata Arief menjelaskan.

Akibat kejadian itu sebuah rumah yang dihuni para korban luka dan meninggal dunia rusak parah tertimbun tanah. Sedangkan satu rumah rusak ringan dengan total Kerugian ditaksir mencapai Rp 40 juta. (*) DANANGDISKA ATMAJA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here