BERBAGI
Kabel listrik di kawasan kota yang terpasang disalah satu kawasan perumahan Kota Semarang. Foto: Ody

Mengubah posisi kabel listrik yang biasanya mengunakan tiang, menjadi kabel bawah tanah.

Serat.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengubah sejumlah kawasan wilayah setempat  agar bebas kabel listrik. Kebijakan itu dilakukan dengan mengubah posisi kabel listrik yang biasanya mengunakan tiang, menjadi kabel bawah tanah. Tercatat proses pemindahan kabel dalam tanah sebagian besar sudah selesai pada tahap dumping.

“Sedangkan tahun ini sudah masuk tahap revitaslisasi yang akan selesai enam bulan kedepan,” kata  ujar Plh Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, atau akrab  disapa Ita, di kantor PLN Semarang, 16 Januari  2020.

Menurut Ita sebagian proses pemasangan kabel bawah tanah sudah selesai, di antaranya  di Kawasan Kota Lama yang kemungkinan bebas kabel listrik antara Agustus hingga September nanti. Ita menyebutkan pekerjaan penanaman kabel bawah tanah dimulai dari jalan kawasan Empu Tantular, Merak, Bubaan.

Baca Juga  Terancam Digusur, Warga Tambakrejo Datangi Komnas HAM

“Untuk mempercepat progam ini, kami juga akan melakukan kerja sama dengan BUMD dan pihak ketiga dan semua stakeholder mulai PLN, PDAM, Telkom dan lainnya,” ujar Ita menambahkan.

Ia menjelaskan kawasan bebas kabel akan dikembangkan di Kawasan Segitiga Emas, yakni di Jalan Pemuda, Pandanaran, Simpanglima dan Gajahmada.  Bebas kabel itu selain mempercantik kota dari pandangan, juga menghindari kerusakan akibat cuaca buruk seperti angin kencang, hujan lebat, petir dan gangguan alam lain.

Tak hanya bebas kabel, Pemkot Semarang juga melakukan kajian bersama menghadirkan trem  atau kereta yang memiliki rel khusus di dalam kota berbasis listrik. Kebijakan penggunaan trem itu sudah direncanakan, dengan layanan operasi dari Jalan Pengapon, Agus Salim, Pemuda, Imam Bonjol, Kota Lama. “Progam ini sedang kami bicarakan dengan pihak PTKAI,” katanya. (*) ODY

Baca Juga  Hari Kemerdekaan, Karayawan BRT Semarang Kenakan Kostum Perjuangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here