BERBAGI
Sejumlah penumpang Kapal Pesiar MV Colombus turun di Terminal Pelabuhan Tanjung Emas Semarang usai dilakukan pemeriksaan, Jumat, 13 Maret 2020. Ody/serat.id

Dalam setahun ini rencananya Pelabuhan Tanjung Emas akan kedatangan sebanyak 21 kapal pesiar

Serat.id –Kapal Pesiar MV Colombus merapat di pelabuhan Tanjung Emas Semarang setelah ditolak  berlabuh di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Berlabuhnya kapal pesiar itu diawali dengan pemeriksaan selama kurang lebih lima jam.

“Info dari pentugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) tadi, kapal mengangkut sebanyak 1044 penumpang semuanya sehat tidak terindikasi virus Corona,” kata Maria, dari Travel Nusantara yang mengangkut penumpang, di Pelabuhan Tanjung Emas, Jum’at, 13 Maret 2020.

Baca juga : Kapal Pesiar Star Clipper Kembali Singgah di Tanjung Emas

Arus Barang Pelindo III Selama 2018 Meningkat Drastis

Pantauan serat.id menunjukkan kapal bersandar pukul 12.00 WIB, sedangkan 1044 penumpang termasuk 316 awak kapal akan melakukan wisata di Candi Borobudur, Ambarawa dan Semarang City Tour.

“Di tiga tempat wisata tersebut yang kita kunjungi kami sudah minta izin sebelumnya,” kata Maria menambahkan.

Tercatat rute kapal tersebut dari Australia kemudian Lombok Bali dilanjutkan Surabaya kemudian Semarang dan terakhir Jakarta. Namun kapal  itu langsung datang dari Lombak menuju Semarang karena rencana bersandar di Surabaya ditolak.

“Setelah di Semarang dilanjutkan menuju Jakarta. Tapi untuk Jakarta menunggu konfirmasi. Kalau tidak boleh sandar berarti Semarang yang terakhir,” ujar Maria menjelaskan.

General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Fariz Hariyoso, membenarkan sebelum sandar semua penumpang di periksa oleh tim KKP. “Pemeriksaan di tengah laut tadi pagi. kalau hasilnya positif tidak ada yang terindikasi maka dibolehkan bersandar,” kata Fariz.

Fariz menjelaskan dalam setahun ini rencananya Pelabuhan Tanjung Emas akan kedatangan sebanyak 21 kapal pesiar dan semuanya sudah mengkonfirmasi. “Sampai bulan ini, tercatat sudah ada empat kapal pesiar tiba di Semarang masih 17 kapal lagi yang belum datang,” katanya. (*) ODY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here