BERBAGI
Ilustrasi, pixabay.com

Sebagai langkah preventif dalam mendukung program pemerintah dalam mengurangi bahkan menghentikan penyebaran virus yang telah menginfeksi ratusan ribu orang di 110 negara di dunia

Serat.id – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menunda prosesi wisuda ke-69, yang seharusnya dilakukan pada  18 Maret 2020 mendatang. Kebijakan itu dilakukan mewaspadai penyebaran virus corona yang sedang mewabah.

“Pelaksanaan seremoni wisuda yang ditunda ini akan dilakukan kembali pada periode wisuda selanjutnya yakni Agustus 2020 mendatang,” kata Rektor Udinus Prof Edi Noersasongko, dalam keterangan resmi, Jum’at 13 Maret 2020.

Baca juga : Khawatir Corona, Pemkot Semarang Tunda Kemah Pendidikan Karakter

Wabah Corona Turunkan Ekspor Perikanan Jateng

Dampak Ancaman Corona, Bantuan Non Tunai di Jateng dinaikan

Edi menyebut penundaan seremoni wisuda tersebut mengacu pada intruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Ia juga telah menerbitkan Surat Edaran mengenai Penundaan Kegiatan Penyelenggaraan Acara di lingkungan Udinus, serta Surat Edaran Wakil Rektor I  Bidang Akademik mengenai Penundaan Pelaksanaan Acara Wisuda Ke-69 Periode II tahun Akademik 2019/2020.

“Ini sebagai langkah preventif dalam mendukung program pemerintah dalam mengurangi bahkan menghentikan penyebaran virus yang telah menginfeksi ratusan ribu orang di 110 negara di dunia,” kata Edi, menambahkan.

Meski ditunda, namun Edi memastikan para mahasiswa yang telah lulus dan mengalami penundaan prosesi wisuda ke-69, dapat mengambil ijazah mulai 18 Maret 2020. Tercatat wisuda yang ditunda terdiri 506 wisudawan yang didampingi orang tua, sehingga kurang lebih total ada 1500 orang yang akan berkumpul dalam satu ruangan.

“Hal ini yang kami hindari, dan keputusan ini untuk melindungi seluruh sivitas akademika Udinus dan keluarga dari risiko penularan virus Covid-19,” kata Edi menjelaskan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here