BERBAGI
Dokter Hewan memeriksa hewan pada sebuah klinik hewan dan satwa di kawasan Pamularsih Gisikdrono Semarang. SJM/serat.id

“Hanya ada enam virus corona yang diketahui dapat menginfeksi manusia dan hanya menyebabkan penyakit pernapasan. Namun virus tersebut tidak terkait dengan wabah saat ini yaitu virus corona atau Covid-19,”

Serat.id – Pemilik hewan peliharaan tak perlu khawatir tertular virus Corona, dengan catatan wajib memperhatikan dan menjaga kesehatan hewan kesayangan. Terutama bagi pemelihara kucing dan anjing.

“Hal itu untuk memastikan kondisi terbaik bagi diri sendiri, keluarga dan hewan peliharaannya,” kata  Kepala Klinik Hewan Satwa, Wiwin Yuli Widiastuti, kepada serat.id awal pekan lalu.

Menurut Wiwin virus corona cenderung lebih spesifik terhadap spesies tertentu, ia menyebut tidak ada bukti yang menunjukan hewan peliharaan dapat menjadi sumber infeksi terhadap hewan atau manusia lain.

“Sebaliknya  belum juga ada bukti bahwa manusia yang sakit dapat menginfeksi hewan peliharaan mereka. Ini berarti tidak apa-apa untuk terus mencintai hewan peliharaan anda seperti biasa,” ujar Wiwin menambahkan.

Baca juga : Mati Mendadak Puluhan Kucing Peliharaan di Plamongan

Pasien Covid-19 di Jateng Terus Meningkat, Ini Imbauan Gubernur Ganjar

Covid-19 Mewabah, Ini Saran AJI Semarang Untuk Pekerja Media

Ia menyebut wabah penyakit pneumonia pada orang China yang telah menarik perhatian dunia tentang virus corona baru (SARS-Cov-2) sebagai risiko kesehatan masyarakat global. Virus tersebut diidentifikasi setelah pemberitahuan kasus pneumonia yang penyebabnya tidak diketahui pada Desember 2019.

Sedangkan beberapa tipe atau spesies virus corona, di antaranya virus corona tipe alfa dan beta biasanya menginfeksi mamalia. Sedangkan virus corona tipe gamma dan delta biasanya menginfeksi burung dan ikan. Selain itu ada virus corona Canine, yang dapat menyebabkan diare ringan. Ada juga virus corona kucing yang dapat menyebabkan peritonitis infeksi kucing (FIP).

“Hanya ada enam virus corona yang diketahui dapat menginfeksi manusia dan hanya menyebabkan penyakit pernapasan. Namun virus tersebut tidak terkait dengan wabah saat ini yaitu virus corona atau Covid-19,” kata Wiwin menjelaskan . 

Namun ia menjelaskan sumber pasti wabah virus ini masih belum diketahui karena tidak ada bukti yang menunjukkan hewan tertentu sebagai reservoir virus. “Namun penyelidikan lebih lanjut sedang berlangsung,” katanya.

Meskipun demikian, Wiwin yang berprofesi dokter hewan itu tetap mengajak pemelihara hewan kesayangan agar memastikan kesehatan dan kesejahteraan kucing dan anjing. Yang harus dilakukan selalu menyediakan air bersih untuk hewan peliharaan. Memastikan semua hewan peliharaan mendapatkan nutrisi sesuai kebutuhan, serta memastikan stok makanan hewan di rumah mencukupi. (*) SJM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here