BERBAGI
Ilustrasi, pixabay.com

Mereka sempat kontak dengan empat orang yang diketahui juga tertular Covid-19 usai pulang dari Ijtima Ulama di Kabupaten Gowa.

Serat.id – Sebanyak 11 peserta asal Kabupaten Wonosobo yang mengikuti ijtima ulama di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan dinyatakan positif Covid-19. Mereka sempat kontak dengan empat orang yang diketahui juga tertular Covid-19 usai pulang dari Ijtima Ulama di Kabupaten Gowa.

“Empat orang yang tertular Covid-19 merupakan salah satu keluarga dari 11 peserta yang mengikuti ijtima di Gowa,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Pranowo, Jumat 17 April 2020.

Baca juga : Puluhan Tenaga Medis RSUP Kariadi Positif Covid-19 

Darurat Sipil, Salah Kaprah Menghadapi Covid-19

Jateng Prioritaskan Uji Tes Covid-19 Untuk ODP

Secara keseluruhan, Yulianto memperkirakan terdapat 1500 warga Jateng yang mengikuti tabligh di Gowa. Hal itu mengacu laporan yang menyebutkan peserta paling banyak ada di Kabupaten Wonosobo.

“Jumlah pastinya kita belum tau, cuma kita sudah memperkirakan sebanyak 1500 warga Jateng yang ikut. Paling banyak ada di Wonosobo, terdapat 11 warga  yang ikut,” kata Yulianto menambahkan.

Ia berharap agar warga yang pernah melakukan perjalanan ke luar jujur pada petugas medis saat memberikan keterangan.  Saat Dinkes Jateng sedang menelusuri jumlah jamaah tabligh yang ke Gowa.  

Yulianto juga minta masyarakat jujur agar bisa cepat diketahui berapa jumlah dan pernah kontak dengan pasien yang positif terinfeksi Covid-19 itu. Apa lagi banyak jamaah tabligh yang pergi ke Gowa sudah melakukan interaksi kepada keluarganya.

“Saya yakin sudah banyak yang melakukan kontak. Untuk kita segera menelusuri yang sudah berjalan,” katanya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here