BERBAGI
Ilustrasi, pixabay.com

Uang tabungan yang dikumpulkan mulai recehan hingga puluhan ribu itu bukan pemberian orang tuanya. Melainkan hasil dari menjual stiker selama di sekolah.

Serat.id – Dua bocah kakak adik masing-masing Olivia 8 tahun dan Regina 6 tahun, menyumbangkan tabungan untuk penanggulangan virus Corona jenis baru atau Covid-19. Uang  yang sebelumnya dikumpulkan lewat celengan kaleng itu diserahkan langsung ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Minggu 19 April 2020 sore tadi.

“Semula nabung mau buat beli alat sekolah, sekarang nyumbang buat pak dokter saja untuk beli masker,” kata Olivia, di hadapan Gubernur Ganjar, saat berkunjung di rumah dinas.

Baca juga : Ini Awal Penularan Covid-19 ke Tenaga Medis di Salatiga

Belasan Peserta Ijtima Ulama Asal Wonosobo Positif Covid-19

Lagi, Seorang Perawat di RSUP Kariadi Positiv Covid-19 Meninggal

Dua bocah  yang tercatat pelajar di sekolah dasar Theresia Kota Semarang itu menyumbangkan celengan kesayangannya untuk disumbangkan pada penanganan wabah Covid-19. Keduanya diantar orangtuanya pasangan Bimo Triwicaksono dan Angela Desi. Dengan malu-malu Olivia mengatakan, celengan berbentuk kaleng berwarna pink itu telah berusia satu tahun lebih.

Yang unik uang tabungan yang dikumpulkan mulai recehan hingga puluhan ribu itu  bukan pemberian orang tuanya. Melainkan hasil dari menjual stiker selama di sekolah. “Mama beli stiker di toko, saya guntingin satu-satu, saya jual ke teman-teman seribu, dua ribu, lima ribu. Uang penjualan saya tabungin,” kata Olivia menjelaskan.

Olivia yang tinggal bersama orangtuanya di Jalan Gunung Gebyok, Bendungan, Gajahmungkur, Kota Semarang wabah Corona lekas rampung. Ia mengaku banyak mengetahui tentang virus itu dari televisi.

“Kemarin lihat berita tentang Corona, penyakit itu lho pak yang bikin orang meninggal kalau ketularan,” kata Olivia menjelaskan.

Olivia menyumbangkan uang agar virus cepat dibasmi sehingga ia  segera sekolah lagi. Ia mengaku sudah bosan di rumah dan ingin berangkat sekolah untuk belajar dan bermain dengan teman-temannya. “Bosan banget sudah satu bulan di rumah, pengin sekolah lagi,” katanya.

Gubernuur Jateng Ganjar Pranowo, menilai sikap yang dilakukan dua bocah itu  hal yang luar biasa. Keiklasan tabungannya selama satu tahun dari hasil dia jualan stiker, sampai kepeduliannya kepada tenaga medis merupakan sikap terpuji.

“Ini tabungannya diterima pak Gubernur, buat beli masker. Besok nabung lagi ya,” kata Ganjar saat berdialog dengan kedua bocah itu.

Di akhir pertemuan, Ganjar meminta Olivia menyampaikan pemberianya kepada para dokter yang direkam lewat hanphone. Olivia pun malu-malu menyampaikan pernyataannya itu.

“Dok ini sumbangan saya. Supaya Coronanya cepat selesai. Tapi saya gak tahu berapa jumlahnya, biar pak Ganjar saja yang buka,“ kata Olivia dengan lugu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here