BERBAGI
Panggung Kahanan #2 Mositifi Covid-19 Tribute to Didi Kempot, Dok/ Ist

“Kami ingin mengenang almarhum Didi Kempot. Karena itu kami coba bawakan lagu-lagunya,”

Serat.id – Panggung Kahanan #2 Mositifi Covid-19 Tribute to Didi Kempot sengaja dihelat untuk mengenang sang maestro campursari modern Didi Kempot. Panggung yang digelar di lapangan basket di samping rumah dinas Gubernur Jawa Tengah,  Puri Gedeh, Kota Semarang itu sebagai obat duka bagi pecinta musik yang merasa kehilangan sang almarhum yang meninggal pada Selasa, 5 Mei 2020.

“Kami ingin mengenang almarhum Didi Kempot. Karena itu kami coba bawakan lagu-lagunya,” kata vokalis Ambaregae Band, Dahyu Afni, yang juga merangkap pembawa acara itu, Rabu 6 Mei 2020, petang tadi.

Baca juga : Dari Rebana ke Musik Modern

RUU Permusikan Membatasi Kreatifitas

Penyanyi Marceello Terlibat Pementasan Musik Pop dan Keroncong

Tercatat pada gelaran itu para pengisi acara membawakan karya-karya almarhum Didi Kempot. Seperti Relatif Band, yang membawakan beberapa karya fenomenal Didi Kempot mulai dari Tanjung Emas Ninggal Janji, Banyu Langit, Ojo Mudik hingga Suket Teki. Para penampil sebelumnya juga melakukan aksi serupa, yaitu Ambaregae Band yang membawakan lagu Didi Kempot dengan irama reggae yaitu Sewu Kuto hingga Layang Kangen.

Penampil lain adalah Indra Prasetiya Bersama Danis Rismonita, serta Zoex Zabidi yang menampilkan aksi monolognya berjudul Wabah. Para penonton yang sedari tadi duduk berjarak di atas kursi kecil atau lesehan, seolah tak bisa tinggal diam.

Mereka tetap menikmati musik Didi Kempot dengan tetap memperhatikan protokol penanganan Covid-19. Termasuk di antara mereka terlihat pula Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, yang mengenakan kaus hitam bergambar No Mudik No Cry.

Acara ini juga disiarkan secara langsung melalui akun media sosial Facebook dan YouTube Satelit TV. Sehingga masyarakat tetap bisa menikmati kendati mereka berada di rumah atau di tempat lain.

Dalam pernyataan Gubernur Ganjar menyebut acara Panggung Kahanan Tribute to Didi Kempot merupakan bentuk penghormatan kepada sang maestro tersebut selepas kepergiannya untuk selamanya itu.

“Begitu mas Didi Kempot meninggal, kita bikin Tribute to (Didi Kempot) aja. Kemudian terjadilah tribute ini,” kata Ganjar.

Dia menuturkan pula acara ini juga untuk memberikan penghormatan terhadap Didi Kempot. Secara keseluruhan acara Panggung Kahanan bertujuan untuk menampung aspirasi seniman agar tetap bisa berkarya di masa pandemi Covid-19. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here