BERBAGI
Ilustrasi jalur perlintasan kereta. (Foto pixabay.com)

“Sesuai Protocol New Normal, bagi para penumpang yang akan naik kereta Kedungsepur harus mematuhi aturan yang ditetapkan,”

Serat.id – PT Kereta Api Indoensia (persero)  Daop 4 Semarang kembali menjalankan kereta lokal Kedungsepur relasi Semarang Poncol – Ngrombo mulai senin 8 Juni 2020. Perjalanan kereta api lokal itu kembali dioperasionalkan setelah sekian lama dibatalkan.

“Kami operaisonalkan menghadapi new normal,” kata manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro, Minggu 7 Juni 2020.

Baca juga : Ini Persiapan Pedoman New Normal Layanan Kereta Api

Baru Diluncurkan, Okupansi Kereta Joglosemarkerto Mencapai 186 Persen

Penumpang Kereta diperkirakan Meningkat 4,8 Persen

Kereta Kedungsepur yang merupakan kereta api Lokal PSO melayani aktivitas naik turun penumpang di Stasiun Semarang Poncol, Semarang Tawang, Alastua, Brumbung, Gubug, Karangjati, Sedadi, dan Ngrombo (PP).

“Sesuai Protocol New Normal, bagi para penumpang yang akan naik kereta Kedungsepur harus mematuhi aturan yang ditetapkan,” kata Krisbiyantoro, menambahkan.

Menurut Krisbiyantoro, penumpang kereta wajib memakai masker, selain itu suhu tubuh maksimal 37,3 derajat celcius. Penumpang juga  harus menjaga jarak baik di lingkungan stasiun maupun di dalam kabin. Tak hanya itu para petugas KAI yang melayani pelanggan dan kontak langsung jarak dekat, juga secara disiplin melakukan protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 dan assessment sebelum berdinas.

“Dengan prosedur yang telah dilakukan tersebut, kami meminta kerjasama kepada calon penumpang untuk cuci tangan menggunakan sabun sebelum masuk stasiun maupun menggunakan hand sanitizer saat berada di dalam kereta,” kata Krisbiyantoro menjelaskan.

PT KAI juga mengharapkan kepada pemerintah daerah atau pemerintah tingkat desa untuk lebih waspada mengelola perlintasan sebidang di wilayahnya agar terciptanya keselamatan perjalanan kereta api dan keselamatan penggunaan jalan.

Tercatat dalam sehari kereta Kedungsepur akan jalan empat kali atau dua  trip pulang pergi, dengan jadwal berangkat Stasiun Semarang Poncol pukul 06.20 Tiba di Stasiun Ngrombo pukul 08.15, sedangkan dari Stasiun Ngrombo pukul 10.00 Tiba di Stasiun Poncol pukul 11.43.

Berangkat Stasiun Poncol pukul 14.10 Tiba di Stasiun Ngrombo pukul 15.53 dan berangkat Stasiun Ngrombo pukul 17.00 Tiba di Stasiun Semarang Poncol pukul 18.40.

KA Kedungsepur berjalan mulai tanggal 8 Juni  s.d 30 Juni 2020 tetap dengan pembatasan kapasitas tempat duduk yakni  dibatasi maksimal 50  persen atau 68 tempat duduk dari jumlah semestinya berkapasitas sebanyak 136 tempat duduk.

“Pengaturan tempat duduk ini memperhatikan Physical Distancing yang harus ditaati.

Dengan harga tiket terjangkau hanya Rp 10 ribu  masyarakat tidak perlu repot antri di stasiun, kecuali pembelian Go-Show,” katanya.

Pembelian pemesanan tiket dapat dilayani H-7 lewat Aplikasi KAI ACCESS , kecuali pembelian Go Show 3 jam sebelum KA berangkat, dilayani di loket stasiun. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here