BERBAGI

Serat.id – Kasus Covid-19 Jateng terus bertambah. Belasan daerah di Jateng dianggap masih membutuhkan perhatian khusus untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Dua di antaranya masih masuk zona merah.

ilustrasi jaga jarak saat pandemi covid-19
Ilustrasi jaga jarak di masa pandemi Covid-19. (Serat.id)

“Ada dua, Kota Semarang dan Kabupaten Demak (Zona Merah). Tetapi kami punya catatan sendiri yang juga masih kami awasi di samping dua daerah itu ada 11 daerah yang masih butuh perhatian khusus,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, usai rapat evaluasi penanganan Covid-19, Senin 29 Juni 2020.

Ganjar menyebutkan 11 daerah itu dalam kategori kategori sedang. Namun tetap menjadi perhatian terutama yang masih zona merah. Saat ini ada beberapa upaya yang dilakukan Gugus Tugas penanggulangan Covid-19. “Di antaranya meningkatkan target rapid test dan meningkatkan PCR test,” kata Ganjar menambahkan.

Baca juga: Buruh Bagikan 10 Ribu Sarung Tangan di Kantor Pemkot Semarang

Menurut Ganjar PCR test di beberapa tempat yang sudah ada semuanya relatif siap. Namun dalam rapat evaluasi yang dialkukan bahwa RSUP dr Kariadi membutuhkan satu alat atau mesin yang canggih karena alat yang ada saat ini merupakan tipe lama.

“Karena tenaganya ada, tempatnya ada, ya sudah nanti kita bantu. Kariadi ini menjadi rumah sakit rujukan, tadi kita putuskan juga untuk segera gedung barunya dibuka. Tinggal sentuhan akhir dan kita siap bantu,” kata Ganjar menjelaskan.

Baca: Guru Agama Islam Semarang Setuju Proses Pembelajaran Jarak Jauh

Terkait beberapa daerah jumlah penderita Covid-19 meningkat tinggi seperti di Kota Semarang, ganjar menyarankan agar jangan diberlakukan pelonggaran. Ia menilai dengan kondisi Semarang sebaiknya diperketat lagi agar bisa dikendalikan.

“Masyarakat tolong bantu Wali Kota agar ini bisa terkendali dengan baik dan tentu Wali Kota Semarang tidak bisa sendirian maka tugas saya membantu dan mengcover kejadian yang berhubungan dengan kota Semarang,” katanya.

Ia menyebutkan sejumlah daerah lain yang pasien positiv corona bertambah di antaranya Kabupaten Demak, Salatiga, Kendal, Kabupaten Semarang dan Grobogan. Sejumlah daerah itu juga masih dalam pengawasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here