BERBAGI
Ilustrasi, pixabay.com

Berharap data tersebut disampaikan agar bisa melindungi pekerja yang lain.

Serat.id – Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Kota Semarang, Nanang Setyono menduga terdapat kepentingan Pemkot Semarang terkait klaster baru tiga perusahaan Kota Semarang masih dirahasiakan.

“Memang ada satu kepentingan ketika data Covid-19 tidak disampaikan perusahaan mana dan berapa perusahaan apa yang terkena Covid-19. Terkesan yang dilindungi adalah perusahaannya,” kata Nanang Setyono,  Selasa 7 Juli 2020.

Berita terkai : Pemkot Semarang Rahasiakan Klaster Baru Covid-19

Klaster Penularan Covid-19 di Perusahaan, Buruh Desak Pemkot Semarang Terbuka

Nanang berharap data tersebut disampaikan agar bisa melindungi pekerja yang lain. Karena jika Pemkot Semarang tidak transparan, dampaknya tidak hanya untuk buruh namun juga kepada masyarakat sekitar juga.

“Kalau tidak transparan nanti kita khawatirkan masyarakat juga tidak tahu dan akan mudah terkena Covid-19. Nanti bisa menyebar secara luas,”  kata Nanang menegaskan.

Kebijakan Pemkot Semarang yang terkesan merahasiakan tiga perusahaan tersebut berbahaya dan merugikan karyawan baik di perusahaan tersebut maupun karyawan yang lain.

Pegiat Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Semarang, Herdin Pardjoangan menuntut agar pemerintah transparansi dan terbuka soal letak dan jumlah warga positif Covid-19 kluster perusahaan.

“Kalau tidak transparan, dikhawatirkan penyebaran semakin luas. Pemkot Semarang harus transparan soal data kluster Covid-19,”  kata Herdin.

Selain itu, Herdin meminta agar pegawai yang diliburkan karena Covid-19 tetap digaji oleh perusahaan. Jika pegawai tidak digaji selama Covid-19, maka perusahaan tersebut melanggar peraturan.  “Selama pegawai Covid-19, perusahaan harus tetap digaji,” kata Herdin menjelaskan.

Sebelumnya, Pemkot Semarang menyebutkan terdapat klaster baru dari tiga perusahaan yang menyebabkan ratusan karyawan positif Covid-19.

Meski demikian, Pemkot Semarang belum membuka secara transparan terkait nama perusahaan dan alamat perusahaan tersebut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here