BERBAGI

Harga satu sepeda Gubernur Jateng di penjualan online kisaran Rp70 juta hingga di Rp100 jutaan.

Serat.id- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dikenal penggowes sejak lama. Bahkan sebelum ramai pandemi Covid-19 dan booming bersepeda, ia telah terbiasa mengayuh sepeda saat ke lokasi kunjungan di lapangan. Tercatat pria periode kedua memimpin Jateng itu mengoleksi sembilan unit sepeda mulai klasik hingga balap, satu di antaranya disumbangkan untuk konser amal.

[Ilustrasi] Gowes di Kota Semarang. (Serat.id/A. Arif)
[Ilustrasi] Gowes di Kota Semarang. (Serat.id/A. Arif)

“Saya kena virus sepeda itu awalnya tak sengaja. Saya beli pertama dulu Rp6 juta menurut saat itu mahal banget tahun 2014. Sebelumnya di Jakarta saya juga punya sepeda lipat, waktu itu menurut saya juga mahal harganya Rp2.6 juta,” kata Ganjar Pranowo saat ditemui serat.id, Sabtu 11 Juli lalu.

Tercatat sepeda jenis Hybrid yang sudah didonasikan ke konser amal musisi Arman Maulana untuk penangulangan Covid-19. Sedangkan dua sepeda tua milik Ganjar merek IKPN Deluxe Turangga dan jenis Penny Farthing menjadi penghias di salah satu sudut ruangan belakang di rumah dinas Puri Gedeh.

Baca juga: Meraih Untung di Tengah Booming

Tak hanya itu ia juga punya tiga koleksi sepeda rangka kayu CW 1, CW 2 dan satu lagi yang dibuat pengrajin asal Jambi. Tiga sepeda dari pengrajin itu nampak terlihat di sisi sebelah kanan teras rumah dinas.

Sedangkan satu sepeda yang sering ia tunggangi jenis Balap merek Giant buatan Taiwan seri Propel. Meski ia mengaku ada dua jenis sepeda koleksinya yang lain juga sering digunakan, yakni sepeda gunung dan sepeda lipat.

Baca juga: Nggowes, Menghilangkan Rasa Bosan dan Tekanan

Dengan koleksinya itu, tak jarang Ganjar harus mengeluarkan biaya hingga puluhan juta untuk mendapatkan satu unit sepeda.

“Awalnya mulai dari Rp20 juta, lalu mulai tambah ini itu hingga harganya sampai Rp50 juta. Sekitar itu sepeda yang pernah saya beli paling mahal,” kata Ganjar yang mengaku hanya mengimport framenya, sedangkan beberapa komponen dari lokal kemudian dirakit.

Meski ada juga yang sengaja diberi orang, namun Ganjar tetap membayar dengan pertimbangan sebagai pejabat publik.

Baca juga: Uji Nyali Penggowes yang Merindukan Jalur Khusus

“Nah kalau yang beli terpaksa itu, yang dari pengrajin biasanya orangnya mau ngasih gratis ke saya tapi sebagai pejabat publik saya tak bisa terima karena gratifikasi, akhirnya saya beli untuk menghargai karya mereka,” kata Ganjar menjelaskan.

Serat.id mencocokkan harga koleksi sepeda Gubernur Jateng itu di penjualan online, satu di antaranya sepeda balap merek Giant seri Propel yang sering dipakai Ganjar harganya kisaran Rp70 juta hingga di Rp100 jutaan. (*)

Daftar Sepeda Ganjar Pranowo:

  1. Sepeda ontel tua merek IKPN Deluxe Turangga
  2. Sepeda kuno dari Eropa jenis Penny Farthing yang dikenal dengan sepeda roda tinggi.
  3. Sepeda rangka kayu CW 1 (pengrajin)
  4. Sepeda rangka kayu CW 2 (pengrajin)
  5. Sepeda Kayu (pengrajin Jambi)
  6. Sepeda Balap/road bike merk Giant (Taiwan) seri Propel (sering dipakai Ganjar)
  7. Sepeda MTB
  8. Sepeda Lipat
  9. Sepeda Hybrid (sudah didonasikan ke Arman Maulana acara Covid-19)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here