BERBAGI

Selama pelaksanaan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban akan diterapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini untuk mencegah penularan virus corona

Serat.id – Tiga masjid besar di Kota Semarang akan menyelenggarakan Salat Idul Adha berjamaah dan penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha 2020.

“Ketiga masjid besar itu adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Raya Gayamsari, Masjid Raya Baiturrahman di kawasan Simpanglima, dan Masjid Agung Semarang (MAS) Kauman,” kata Ketua  Umum Pengurus YPKPI Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji, dalam rapat koordinasi bersama perwakilan tiga masjid itu di Kantor Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah, kawasan Simpanglima, Semarang, Sabtu 25 Juli 2020.

Baca juga : Hindari Jamaah Berjejal di Masjid, Ribuan Mushola Semarang Untuk Sholat Idul…

Pembagian Daging Kurban diawetkan Dalam Kemasan ? Ini Fatwa MUI

Darodji mengatakan, Salat Idul Adha dilaksanakan, Jumat,  31 Juli 2020, pukul 06.15. Adapun pemotongan hewan kurban di tiga masjid itu digelar pada Sabtu, 1 Agustus 2020 mulai pukul 06.00.

Dia menjelaskan, selama pelaksanaan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban diterapkan protokol kesehatan. “Memakai masker, menjaga jarak di antara sesama jamaah, dan melakukan cuci tangan saat baru tiba masjid,” katanya.

Karena itu, kata dia, agar ada jarak di antara jamaah, barisan salat dibuat renggang sehingga kapasitas masjid hanya menampung sekitar sepertiga hingga setengah dari kapasitas.

Selain itu, pengurus masjid juga menyediakan alat pendeteksi suhu badan, tempat cuci tangan dan sabun. Kemudian, melakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudahnya ibadah. “Jamaah jangan sampai melepas masker saat di masjid. Jangan ada kerumunan massa,” terangnya.

Dia mengatakan, untuk menjaga keamanan dan ketertiban, takmir masjid diminta berkoordinasi dengan kepolisian. ’’Mari taati protokol kesehatan. Ini ikhtiar kita untuk mencegah penularan virus corona,’’ tegasnya.

Ketua Bidang Takmir Masjid Raya Baiturrahman, KH Multazam Ahmad mengatakan, sebelumya Salat Idul Adha dilaksanakan di Lapangan Simpanglima. Namun, tahun ini dilaksanakan di Masjid Baiturrahman.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Satgas Gugus Covid-19 dan kepolisian. Jamaah bawa kantong plastik atau tas sendiri untuk tempat alas kaki masing-masing. Hal ini untuk keamanan dan menjaga kebersihan masjid,” kata Kiai Multazam.

Untuk khatib Salat Idul Adha akan disampaikan Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen dan imam KH Kiai Ulil Abshar Al Hafidz. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here